Tips Agar Orangtua Bisa Kerja dari Rumah Sambil Mengurus Anak

Tips Agar Orangtua Bisa Kerja dari Rumah Sambil Mengurus Anak
UANG | 29 April 2020 04:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Sejak virus corona mewabah di Indonesia, pemerintah telah memberlakukan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk itu, banyak perusahaan yang menerapkan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para karyawannya.

Selain WFH, anak-anak juga diberlakukan belajar dari rumah. Dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka masa kerja dan belajar dari rumah akan semakin panjang.

Bagi para orang tua yang mencoba menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi, mereka berusaha melakukan yang terbaik untuk menjaga agar anak-anak mereka tetap sibuk atau teralihkan sambil melakukan pekerjaan mereka dan menjaga diri agar tetap tenang.

Berikut tips jitu kerja dari rumah bersama anak-anak untuk para orangtua, dikutip Jobstreet.

Menetapkan ekspektasi yang realistis

Tidak ada gunanya menganggap bahwa semuanya akan berjalan normal. Situasi bekerja dari rumah bersama anak-anak dapat teratasi dengan lebih baik jika Anda jujur pada bos dan rekan kerja tentang situasi di rumah. Ketika Anda terbuka dan jujur dari awal, maka hal ini akan membantu untuk mengatur ekspektasi mereka dengan lebih baik.

Bicarakan dengan empati dan pengertian

Walaupun bekerja dari rumah dengan anak-anak untuk masa yang tidak ditentukan merupakan hal yang belum pernah dialami bagi banyak orang, sebagai orang tua, Anda perlu membicarakannya dengan anak-anak tentang apa yang terjadi.

Orang tua perlu menjelaskan situasi pada anak-anak dengan cara yang sesuai dengan usianya karena beberapa anak mungkin tidak memahami apa yang sedang terjadi dan mereka hanya melihat bahwa Anda tanpa alasan membatasi gerak mereka. Contohnya, cobalah gunakan Elsa dan Anna dari film Frozen untuk menggambarkan makna dari social distancing dan bagaimana hal itu bisa membuat orang lain tetap aman.

Baca Selanjutnya: Atur Jadwal Jam Kerja...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami