Tips Belanja Hemat untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Tips Belanja Hemat untuk Kebutuhan Rumah Tangga
Ilustrasi mengatur keuangan. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/baranq
EKONOMI | 19 Januari 2022 13:24 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Perencana Keuangan dan CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie mengatakan, mayoritas penghasilan dibelanjakan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga. Agar pengeluaran tidak bengkak, maka ada beberapa tips yang harus dilakukan.

Prita menyebut, ada tiga tips penting saat berbelanja apalagi kebutuhan rumah tangga. Namun selain ketiga tips itu, masyarakat harus punya sifat smart shoper. Artinya pintar dalam berbelanja.

"Harus menjadi smart shoper, artinya tidak hanya mencari yang harga murah," kata Prita dalam konpers MR.DIY, Jakarta, Rabu (19/1).

Tips pertama adalah, selalu membuat dan menyiapkan pos anggaran rumah tangga. Tips ini dilakukan dengan mendata kebutuhan setiap anggota keluarga. Tujuannya untuk mengetahui pola pengeluaran tiap bulan.

"Selalu bikin anggaran rumah tangga, sebab kalau ada, kita jadi tahu pola pengeluaran rumah tangga," katanya.

Tips kedua kata Prita adalah selalu melakukan ceklist dan mempersiapkan daftar barang yang akan dibeli. "Tujuannya, ketika sampai di toko kita sudah tahu barang jenis apa yang akan kita beli," jelasnya.

Selanjutnya, pertahankan good money habbit atau kebiasaan membelanjakan uang yang baik. Hal ini bersinggungan dengan membeli barang dengan harga terbaik dan kualitas yang baik. Sebab, kualitas tidak selalu bergantung pada harga.

"Ketika belanja, memilih harga barang mudah memang akan hemat. Namun harus dipikirkan kualitas. Bagaimana barang ini akan bermanfaat dan bertahan dalam jangka panjang," tandas Prita.

Baca juga:
Mobilitas Dibatasi, Ini Tips Kerja Agar Tetap Produktif
IRR adalah Internal Rate of Return, Ketahui Fungsinya dalam investasi
Seluk Beluk Investasi Bodong EDCcash dan Cara Menghindarinya
Simak 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun Ini
5 Tips Susun Rencana Keuangan yang Baik Ala OJK
Untung Rugi Beli Mobil Baru dan Bekas

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami