Tips Bertahan Saat Gaji Mulai Menipis di Akhir Bulan

UANG | 20 September 2019 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Akhir bulan sudah menjadi istilah yang menakutkan bagi semua orang, terutama para pekerja. Karena, gaji yang makin menipis akan membuat semua orang memutar otak agar tetap bertahan hingga gajian selanjutnya tiba.

Biasanya, seseorang akan memilih untuk berhemat dan menekan semua keinginan agar pengeluaran tidak akan semakin membengkak. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa tetap hidup enak di akhir bulan.

Berikut 4 tips bertahan agar tetap hidup enak meski gaji menipis.

1 dari 4 halaman

Nebeng teman

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi untuk pergi kuliah atau bekerja, Anda bisa mengandalkan teman. Anda bisa cari teman yang searah dengan tujuan Anda sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk transportasi.

Jika tidak ada teman yang searah, Anda bisa meminta untuk diantar sampai ke moda transportasi umum terdekat, seperti stasiun, halte Transjakarta, atau angkutan umum lainnya. Ini juga bisa sedikit menghemat pengeluaran Anda.

2 dari 4 halaman

Manfaatkan promo

Saat ini, startup tak terlepas dari kehidupan masyarakat Indonesia, baik transportasi, belanja, hingga membayar tagihan. Tak jarang, perusahaan startup memberikan promo dan diskon untuk pengguna setianya.

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menghemat pengeluaran. Seperti promo ojek online, saat beli makanan, membayar tagihan, membeli pulsa, hingga membeli barang-barang.

3 dari 4 halaman

Patungan

Tips yang satu ini sangat bisa dilakukan bagi Anda yang ingin makanan enak tapi tidak mau rugi. Anda bisa mengajak teman Anda untuk patungan membeli makanan. Cari makanan yang porsinya banyak sehingga meski dibagi tetap bikin kenyang.

Tak hanya makanan, Anda juga bisa patungan untuk membeli barang. Misalnya ada promo Beli 2 Gratis 1, Anda bisa mengajak 2 teman Anda untuk membeli barang tersebut. Tentunya, harga yang akan Anda bayarkan akan lebih murah dari harga aslinya.

4 dari 4 halaman

Gunakan recehan

Terkadang seseorang terlalu meremehkan uang receh. Padahal, jika dikumpulkan, uang receh akan menjadi penyelamat Anda saat akhir bulan. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Jangan malu untuk menggunakan uang receh. Anda bisa menukarkannya ke warung atau ke minimarket terdekat untuk menukarkannya dalam jumlah yang bulat. (mdk/azz)

Baca juga:
Investasi Aman di Indonesia Saat Ekonomi Global Bergejolak
Mengenal Risiko dan Imbal Hasil dari Investasi Emas dan Deposito
Tips Kelola Gaji UMR biar Bisa Tetap Nabung dan Investasi
Cara Ampuh Ubah Sampah Jadi Untung
Tips Atur Anggaran Belanja Bulanan Anti Kantong Jebol Ala Sissy Priscillia
5 Kesalahan Orangtua yang Menghancurkan Kepercayaan Diri Anak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.