Tips Bisnis Menyenangkan dengan Pasangan & Keluarga dari Arief, Tipang dan Bareyn

Tips Bisnis Menyenangkan dengan Pasangan & Keluarga dari Arief, Tipang dan Bareyn
CIMB Niaga. ©2021 CIMB Niaga
UANG | 4 Maret 2021 11:09 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ruang Tamu Keluarga Kejar Mimpi ke-2 pada Sabtu, 27 Februari kemarin, memberikan banyak inspirasi baru dan tips-tips penting untuk keluarga. Mengangkat tema, Jadi Pasangan Kompak Untuk Kejar Mimpi, tentu saja nama pasangan Arief Muhammad dan Tiara Pangestika yang akrab disapa Tipang tidak mungkin terlewatkan.

Lewat Ruang Tamu Keluarga Kejar Mimpi pasangan Arief dan Tipang berbagi kisah sukses mereka saat memulai Langkah awal mengejar mimpi mereka dan tentu saja ada Bereyn Mochaddin yang akan membahas tentang financial planning yang tak kalah penting untuk dipersiapkan.

Arief dan Tipang mulai merintis bisnis bersama sejak masih pacaran dengan usahanya berjualan baju Bono. Awalnya Arief dan Tipang memiliki keterbatasan modal sehingga mereka berdua bahu-membahu memasarkan produk jualan mereka sendiri pada 2013. Terbiasa menjalani bisnis bersama sejak masa pacaran, ternyata tak membuat mereka terhindari dari masalah ataupun percekcokan satu sama lain.

Awalnya setelah menjadi pasangan suami dan istri mereka berdua kerap menemukan masalah selama menjalani bisnis dan rumah tangga. Berikut tips dari tipang dan Arief untuk dapat sukses berbisnis bersama pasangan:

1. Mental

Mempersiapkan mental adalah hal yang penting di mana harus bisa professional antara masalah pekerjaan dan urusan rumah tangga.

Tentunya Tipang dan Arief melakukan hal ini dengan membatasi antara jam kerja dengan urusan rumah tangga. Ketika jam kerja tentunya mereka harus secara professional menjadi partner bisnis dan ketika waktunya untuk urusan keluarga mereka quality time bersama.

2. Memisahkan Finansial

Memisahkan financial untuk bisnis dan untuk kebutuhan keluarga. Agar tidak menimbulkan permasalahan tentu harus ada yang dapat berperan untuk menyeimbangkan atau membagi mana dana untuk bisnis dan mana dana untuk kebutuhan keluarga.

3. Kenali Pribadi Pasangan

Pada dasarnya tidak semua pasangan dapat menjadi kompak untuk memulai bisnis bersama dan menjadi keluarga. Kenali dahulu pribadi pasangan masing-masing apakah pribadinya bisa memisahkan antara urusan keluarga dengan urusan pekerjaan.

4. Tidak Melupakan Kodrat

Tidak melupakan kodrat antara satu sama lain. Tentu saja Tipang menjelaskan bahwa dirinya merupakan seorang istri yang memang kodratnya.

Itulah tips yang diberikan Arief dan Tipang sebagai pasangan kompak yang merintis bisnis bersama, mengacu pada tips kedua di mana masalah financial juga tentunya penting ketika ingin memulai bisnis bersama pasangan.

Financial planning sendiri tidak hanya diperlukan untuk bisnis saja namun juga penting dilakukan bagi keluarga untuk memaksimalkan pendapatan dengan pengeluaran di era pandemi saat ini, seperti apa yang dijelaskan oleh Bareyn Mochaddin.

Baca Selanjutnya: Langkah Bijak Mempersiapkan Financial planning...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami