Tips Karir, 6 Kualitas Diri Tanda Anda Siap Duduk Sebagai Pimpinan

UANG | 29 September 2019 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Setiap orang pasti ingin pencapaian karirnya terus menanjak. Baik dalam berorganisasi atau pun pekerjaan. Bisa mulai sebagai pimpinan proyek (pimpro) sampai direktur utama perusahaan.

Jika Anda memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pemimpin, tentu ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan. Pun, ketika Anda telah lama berada di posisi karyawan dan ingin meloncat menjadi pemimpin, Anda harus memerhatikan beberapa hal.

Sebab, menjadi pemimpin bukan perkara yang mudah. Semakin tinggi posisi yang diduduki, tanggung jawab pun akan semakin besar. Sebelum memutuskan menjadi pemimpin, simak tips dari Jobstreet berikut sebagai bahan refleksi diri.

1 dari 6 halaman

1. Anda Ahli Dalam Memberi Masukan yang Membangun

Seorang pemimpin harus mempunyai kualitas yang baik, salah satunya adalah kemampuan untuk mengevaluasi setiap individu dengan objektif. Selain itu, seorang pemimpin harus berani memberi masukan yang kritis, tapi tetap membangun.

Tujuannya tentu tak lain untuk membantu dalam meningkatkan karir bawahan Anda nantinya. Apakah Anda termasuk ke dalam kategori ini?

2 dari 6 halaman

2. Anda Dapat Mengambil Keputusan Dengan Tenang di Bawah Tekanan

Jika Anda dapat menghadapi tekanan dengan baik dan tetap bersikap tenang dalam mengambil keputusan, Anda berarti termasuk ke dalam salah satu kriteria pemimpin.

Untuk menjadi seorang pemimpin, tetap tenang terkendali di bawah tekanan dan tetap tenang dalam membuat keputusan adalah persyaratan yang utama. Sudah siapkah Anda?

3 dari 6 halaman

3. Anda Disukai

Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, Anda harus bisa menjadi inspirasi orang-orang di sekitar Anda. Artinya, Anda harus disukai oleh atasan dan rekan-rekan Anda.

Penting untuk disukai oleh banyak orang sehingga ketika Anda menjadi pemimpin, mereka akan menghormati dan mau mengikuti perintah yang Anda berikan.

4 dari 6 halaman

4. Percaya pada Tanggung Jawab

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu menerima tanggung jawab akan orang-orang yang bekerja di bawah pengawasan Anda. Kesalahan mereka akan menjadi kesalahan Anda.

Sebab, pencapaian mereka akan menjadi refleksi dari bimbingan dan arahan Anda. Melamar posisi pemimpin berarti harus siap menerima tanggungjawab untuk tiap individu.

5 dari 6 halaman

5. Pandai Dalam Mengatur Orang

Kemampuan dalam mengatur orang adalah syarat yang paling utama ketika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang efektif. Menjadi seorang pemimpin tidak hanya sekadar memberikan perintah kepada bawahan Anda.

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus siap dengan risiko mengatur karyawan dengan kepribadian yang berbeda-beda dan menemukan potensi di dalam diri mereka.

Dengan kata lain, menjadi seorang pemimpin berarti Anda harus bisa menemukan yang terbaik dari diri setiap orang. Anda akan membimbing mereka untuk menjadi pribadi dengan karir dan keunggulan yang professional.

6 dari 6 halaman

6. Tahu Kapan Harus Berkata Tidak

Seorang pemimpin yang efektif adalah memiliki keefisienan dalam mengatur beban kerja dan sumber daya. Anda juga perlu untuk memprioritaskan waktu dan kemampuan Anda.

Jika Anda terus mengiyakan dan mengambil alih semua proyek yang ditugaskan pada tim Anda, Anda harus mampu untuk menolak atau berkata 'tidak' jika situasinya tidak memungkinkan.

Sebab, menambah pekerjaan tidak akan berarti jika anak buah Anda sudah selalu bekerja lembur setiap hari. Anda harus memprioritaskan kesehatan tim Anda. Sebuah tim yang bekerja terlalu berlebihan, tidak akan menjadi tim yang produktif.

Dari keenam tips karir tersebut, apakah Anda termasuk salah satunya? Lantas, seberapa siapkah Anda menjadi seorang pemimpin?

Reporter Magang: Rhandana Kamilia

(mdk/bim)

Baca juga:
Lakukan 4 Hal Ini Agar Kinerja Anda Meningkat
Tips Sukses Wawancara Kerja Usai Dipecat
27 Tips Interview Agar Sukses Hadapi HRD
Gaji Tinggi Tak Menjamin Anda Bakal Jadi Miliarder
5 Tips Menghasilkan Uang Jutaan dengan Modal Minim
Tak Usah Malu, Ini Keuntungan Jika Bekerja di Perusahaan Kecil
Mau Kerja Tapi Tak Punya Pengalaman, Ini Solusinya

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.