Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun

Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun
Ilustrasi mengatur keuangan. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/baranq
EKONOMI | 8 Desember 2021 20:16 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Banyak orang yang menghabiskan uang setiap akhir tahun untuk merayakan kerja keras selama setahun. Padahal dalam hal perencanaan keuangan tidak harus dilakukan menjelang pergantian tahun.

"Orang-orang mulai menempatkan seluruh hidup mereka dalam perspektif pada bulan Desember,” kata Perencana Keuangan dari New York, Tom Henske, seperti dilansir dari CNBC.com, Jakarta, Rabu (8/12).

Henske mengatakan merencanakan keuangan bisa dilakukan kapan saja demi masa depan yang lebih baik. Meski begitu dia memberikan beberapa tips yang bisa dicoba untuk memulai tahun 2022 dengan keuangan yang sehat.

1. Ubah Pola Pikir

Mengubah pola pikir terhadap keuangan sangat diperlukan. Berbagai ketakukan dalam merencanakan keuangan harus dilawan demi memiliki keuangan yang lebih sehat.

Menyiapkan tabungan untuk anak, memiliki asuransi hingga menulis surat wasiat perlu dilakukan sejak dini.

2. Maksimalkan Rencana Pensiun

Menyiapkan dana pensiun juga perlu dilakukan sejak dini. Sebagai karyawan perusahaan mungkin sudah ada yang menyisihkan dana pensiun. Namun tidak ada salahnya untuk menambah tabungan pensiun dari uang pribadi.

Sementara itu, bagi Anda yang belum memiliki tabungan hari tua untuk membuatnya. Mulailah sedini mungkin untuk masa hari tua yang lebih baik.

"Melakukannya sekarang akan memungkinkan Anda untuk mulai menabung untuk tahun 2022 pada bulan Januari," kata Direktur Pelaksana Sun Group Wealth Partners, Winnie Sun di California.

2 dari 2 halaman

3. Tinjau Investasi

Sun menilai saat ini waktu yang tepat untuk meninjau portofolio atau investasi secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan aset yang dimiliki seimbang.

Bila Anda berniat untuk menjual aset, sebaiknya dipertimbangkan lebih dulu. Jual aset yang tidak berjalan dengan baik. Menjual aset dengan kerugian akan menggantikan sebagian keuntungan karena Anda bisa terbebas dari kewajiban membayar pajak.

"Ini disebut pemanenan rugi pajak," kata dia.

4. Lakukan Uji Coba

Bagi Anda yang belum pernah melakukan perencanaan keuangan, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu. Sebab banyak orang yang gagal menjalankan perencanaan keuangannya karena berhenti di tengah jalan.

Henske mengatakan untuk menghindari kegagalan tersebut dia menyarankan agar memisahkan dana-dana yang dialokasikan pada rekening yang berbeda. Bahkan jika perlu pengalokasiannya dilakukan secara otomatis dari rekening utama.

"Dengan mengatur transfer otomatis dari giro ke rekening tabungan atau investasi Anda, Anda dapat menghindarinya," kata dia. (mdk/azz)

Baca juga:
Pahami Dulu Hal Berikut Sebelum Memutuskan Mengajukan KPR
5 Tips Menyusun Resolusi Keuangan 2022
Simak Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit
Sandiaga Uno: Jadi Ujung Tombak Ekonomi, Generasi Milenial Harus Merdeka Finansial
Gaji UMR Bisa Liburan ke Luar Negeri, Coba Terapkan 4 Tips Berikut Ini
Simak 5 Tips Atur Keuangan Agar Tak Boros Saat Liburan Akhir Tahun

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami