Advertorial

Tips Menghadapi Isi Dompet yang Terkuras Setelah Momen Lebaran

UANG | 28 Mei 2019 00:06 Reporter : Ayu Miranti

Merdeka.com - Lebaran memang belum datang. Tapi setiap orang pasti dihantui dengan keadaan di mana isi dompet terkuras banyak. Berbagai kebutuhan selama libur Idul Fitri, mulai dari beli oleh-oleh untuk pulang kampung, biaya perjalanan mudik dan balik, hingga berbagai bingkisan bagi keluarga terdekat mau tak mau mengurangi banyak nominal di buku tabungan.

Demi membahagiakan banyak orang, kondisi finansial boleh ‘babak belur’ pasca Lebaran. Tapi yang paling penting adalah bagaimana mengembalikan keuanganmu agar sehat kembali seperti sedia kala.

Ketahui tips-tips asyiknya supaya kamu siap menghadapi situasi ini.

Cek Ricek Keuanganmu

Setelah menggelontorkan banyak dana demi Lebaran impian, saatnya untuk lakukan audit pribadi. Berdasarkan kamus Tokopedia, audit adalah pengujian efektivitas keluar masuknya uang dan penilaian kewajaran laporan yang dihasilkannya.

Tak hanya meng-audit keuangan, kamu juga harus bisa menemukan pengeluaran-pengeluaran yang bisa ditekan seminimal mungkin untuk mengurangi penggunaan dana. Tujuannya supaya ada kesempatan menabung kembali demi menyehatkan keuanganmu.

Batasi Anggaran Bulanan

Sepanjang liburan kemarin mungkin kamu keluar banyak uang. Nah, saatnya untuk bikin impas dengan mengencangkan ikat pinggang, mengurangi biaya pengeluaran, terutama yang berafiliasi dengan tagihan bulanan. Mulai dari yang paling sederhana, yaitu membatasi penggunaan air PDAM dan listrik. Sementara ini tolak ajakan nongkrong dari teman-teman. Kalau yang punya hobi, hentikan dulu sementara hingga keuangan sehat kembali.

Hidup Lebih Hemat

Bila sebelumnya kamu terbiasa makan siang di luar kantor, kini saatnya bicara tentang hidup hemat. Siapkan sarapan dan menu makan siang dari rumah untuk dinikmati di meja kerja. Buat yang terbiasa naik mobil, pilih motor yang lebih hemat bensin. Bisa juga memanfaatkan angkutan umum untuk menekan biaya bulanan. Kurangi kebiasaan beli minuman kemasan dan bawa sendiri botol minumanmu dari rumah.

Patokan untuk Biaya Harian

Cobalah untuk memberikan batasan untuk biaya yang bisa kamu keluarkan setiap hari. Hitung kebutuhanmu mulai dari belanja, angkutan umum, dan lain sebagainya. Tetap konsisten dan jangan ada keinginan untuk melanggar patokan tersebut.

Beli Kebutuhan? Cari yang Promo

Sebesar apa pun keinginan untuk mengurangi pengeluaran, pasti ada saatnya membutuhkan, apalagi kalau bersifat mendadak. Sebaiknya keluarkan uang secara bijak. Bila perlu, temukan tempat-tempat jual beli yang menawarkan promo dengan harga yang lebih murah dari tempat lainnya.

Butuh beli barang kebutuhan yang murah dengan beragam promo menarik? Awali dari Tokopedia, tempat belanja online dengan ribuan pelapak dan banyak potongan harganya. Tak hanya beli barang, kamu pun juga bisa melakukan banyak hal bersifat ekonomi.

Untuk yang ingin masa depan lebih cerah, percayakan tabunganmu lewat investasi emas terpercaya di Tokopedia. Buat yang butuh suntikan modal secepatnya, pinjaman online hadir di Tokopedia juga. Ada banyak partner penyedia jasa keuangan yang siap bantu kamu dengan proses mudah dan cepat yang bisa selesaikan masalahmu secara digital.

Jangan ragu untuk #MulaiAjaDulu dari Tokopedia yang serba ada dan selalu siap bikin kamu bahagia tanpa khawatir krisis keuangan usai Lebaran.

(mdk/ayu)

TOPIK TERKAIT