Tips Menkop Teten agar UMKM Mendulang Sukses di Pasar Digital

Tips Menkop Teten agar UMKM Mendulang Sukses di Pasar Digital
UANG | 24 Juli 2020 14:51 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk terhubung dengan pasar digital atau e-commerce. Namun, dia tak menjamin pelaku usaha kecil bakal sukses jika telah bergabung dengan market online, bahkan bisa gagal.

Teten mengatakan, saat ini mayoritas pelaku UMKM di Tanah Air sudah terhubung dengan internet. Dia pun mendorong agar 100 persen UMKM bisa masuk ke pasar online.

"Sekarang kalau saya lihat dari data teman-teman e-commerce, 97 persen wilayah Indonesia bisa terhubung market place on time. Cuma 3 persen yg belum terhubung. Sekarang kesempatan yang bagus untuk UMKM untuk bisa memanfaatkan pasar online ini," ujarnya dalam sesi teleconference bersama HIPMI Jawa Timur, Jumat (24/7).

Teten memberi catatan kepada para pelaku UMKM agar jangan terlalu senang jika sudah masuk ke market online. Bersandar pada kasus lama, banyak pedagang kecil yang justru usahanya melemah di pasar digital lantaran tak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut.

"Bukan berarti sudah terhubung dia akan meningkat penjualannya. Bahkan ada yang terus tidak lanjut (usahanya di pasar online) dan gagal," kecam Teten.

"Jadi masuk ke market online itu diperlukan kemampuan, kemampuan manajemen untuk respons cepat, sebab online dan offline itu sangat berbeda. Soalnya kebanyakan UMKM kan yang ngurus CEO. Bukan CEO kayak di perusahaan besar tapi, dia chief everything officer," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Perbesar Kapasitas...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami