Tips Sukses Pengusaha yang Mampu Balikan Rugi Rp 14 Miliar Jadi Untung 5 Kali Lipat

Tips Sukses Pengusaha yang Mampu Balikan Rugi Rp 14 Miliar Jadi Untung 5 Kali Lipat
UANG | 18 Oktober 2020 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Setiap pengusaha pasti pernah mengalami rugi dan keterpurukan bisnis. Namun, pengusaha sukses menjadikan kegagalan justru sebagai batu loncatan.

Seperti Ali Katz. Dilansir dari CNBC, pendiri perusahaan finansial dan hukum keluarga seperti Eyes Wide Open, Personal Family Lawyer, dan New Law Business Model ini menceritakan saat pertama kali menjadi pengusaha.

Dia berpikir bahwa kesuksesan ditentukan saat seorang pengusaha berhasil menghasilkan USD 1 juta atau setara Rp 14 miliar. Dengan kepercayaan itu, Ali sekarang dapat mewujudkan keuntungan itu sebanyak 2 kali dalam 5 tahun.

"Setelah 3 tahun, perusahaan hukum pribadi saya menghasilkan tujuh angka dalam pendapatan tahunan. Kemudian, usaha kedua saya yang bergerak di bidang pelatihan online mulai menghasilkan pendapatan lebih dari USD 1 juta dalam 18 bulan," ujar Ali pada tim CNBC Make-It.

Saat mampu menghasilkan uang dengan nominal cukup besar, Ali merasa sudah menemukan cara efektif dalam menghasilkan sekaligus mengelola uangnya.

Namun keberhasilannya juga berasal dari kegagalan yang dia lalui. Seperti kesalahan hukum, asuransi, dan keuangan yang secara kolektif bahkan menyebabkan kerugian lebih dari USD 1 juta.

"Saya saat itu merasa gagal, tetapi saya tidak melihat hal yang seperti itu sekarang. Salah langkah itu dapat membantu saya belajar bagaimana mengelola sumber daya dan menjadikan saya CEO dan pengusaha wanita yang lebih baik," tambah Ali.

Di 2012, Ali memulai perusahaan pelatihan New Law Business Model dengan tujuan melatih para pengacara agar dapat membantu keluarga dan pemilik bisnis supaya tidak membuat kesalahan secara hukum.

"Sejak pendekatan saya dirombak, bisnis saya menghasilkan USD 5 juta dalam setahun dan memungkinkan saya menjalani kehidupan yang saya impikan," pungkasnya.

Berikut adalah hal-hal yang dipelajari oleh Ali Katz dari kegagalannya sejak hari pertama dirinya membangun bisnis.

Baca Selanjutnya: 1 Jangan Malu Jika Tidak...

Halaman

(mdk/bim)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami