Tips UMKM Perluas Pasar di E-commerce

Tips UMKM Perluas Pasar di E-commerce
e-commerce. © mytotalretail.com
EKONOMI | 15 Oktober 2021 13:18 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah membuka kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa (PJB) melalui marketplace. Namun, hanya pelaku UMKM yang bergabung di 12 marketplace yang telah bekerja sama dengan LKPP yang bisa mengikuti lelang PJB.

Selain itu, untuk mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa, pelaku UMKM harus memiliki legalitas usaha atau berizin. Founder sekaligus CEO Titipku, Henri Suhardja memberikan sejumlah tips agar pelaku UMKM sukses bersaing di dunia digital.

Pertama, pelaku UMKM harus punya mindset go digital. Pengusaha yang memiliki bisnis puluhan tahun secara offline belum tentu produknya laku dijual di marketplace. Kedua, pelaku UMKM perlu memiliki pemahaman bahwa berbisnis di dunia digital juga tidak bisa instan, tetapi memerlukan proses.

"Go online tidak berarti kita sudah go digital. Bisnis go digital tidak serta merta buka toko di marketplace sekali, itu sudah masuk, tidak seperti itu. Kita harus bikin tokonya bagus, menarik, sehingga orang perlahan tahu bisnis yang kita bangun," kata Henri, dilansir dari keterangan KemenkopUKM, Jumat (15/10).

Henri menyarankan pelaku UMKM memiliki situs web sendiri, selain membuka toko di marketplace dan memiliki media sosial. Selain itu, untuk bisa bersaing, pelaku UMKM harus mempunyai segmen konsumen yang jelas dan nilai (value) produk.

"Kita harus menyasar target pembeli yang spesifik. Kemudian, setiap segmen itu punya value berbeda, misalkan pembeli memiliki kebanggaan dengan memakai produk kita," kata Henri.

Terakhir, pelaku UMKM juga harus punya perhitungan budget agar bisnis bisa berkembang dan menguntungkan.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Viral Nasi Goreng Buatan Robot di Kota Malang
Survei: 95 Persen UMKM Berminat Terapkan Usaha Ramah Lingkungan
Ikut Kartu Prakerja, Omzet Pengusaha Keripik Naik dari Rp4 Juta Jadi Rp30 Juta/Bulan
Ikuti Arahan Jokowi, Pemuda Asal Riau Dapat Modal Bisnis untuk Sasar Pasar Ekspor
Bisnis Online Naik Pesat Selama Pandemi, Kemenperin Pacu IKM Go Digital
Bos Emtek Nilai Digitalisasi Mampu Buka Lapangan Kerja di Kota Kecil

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami