Tiru China, Wapres JK Minta E-commerce Beri Pembinaan untuk UMKM

UANG | 31 Januari 2019 11:08 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta kepada para pelaku e-commerce agar turun membantu para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya di dunia teknologi digital. Dia meminta agar para e-commerce membina para usaha kecil seperti yang dilakukan pengusaha di China.

"Maka tentu kita butuhkan itu upaya yang dibutuhkan e-commers harus bersama-sama membina usaha kecil. Apa yang dilakukan di China, seperi Alibaba, bukan hanya menjadi market place," kata JK dalam acara Kadin Talk di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Kamis (31/1).

Tidak hanya itu, dia juga meminta Kadin berperan aktif untuk membina para pengusaha kecil agar tidak terjadi kesalahan dalam mengekspor suatu barang. Dia pun mencontohkan saat pertama kali mengekspor suling ke Perancis, namun beberapa bulan suling tersebut rapuh begitu musim dingin dan pembeli meminta ganti rugi.

"Jadi itu pengalaman bahwa butuh, Pemerintah tentu ada perindustrian, ada Kadin, secara bersama-sama yang tau pasar kan para pengusaha ini. Birokrat itu taunya administrasi, tapi tidak tau marketing," kata JK.

Diketahui, Presiden Joko Widodo melihat masih banyak usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia yang belum siap untuk masuk ke pasar e-commerce. Dari 56 juta UMKM yang ada di Indonesia, baru empat juta yang saat ini sudah memasarkan produknya di toko online.

"UKM kita yang sudah siap, bisa langsung masuk ke online store. Tapi banyak yang belum siap untuk masuk," kata Jokowi saat berpidato di peringatan hari ulang tahun ke-9 Bukalapak, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (10/1).

Jokowi mengatakan, masih banyak UMKM yang kesulitan dalam membangun membangun brand, membuat desain, hingga mendapatkan modal. Ia mengaku kerap sedih saat menemukan produk yang bagus, namun tak mampu bersaing karena kemasan dan brand yang kurang memadai.

Baca juga:
Bos BKPM: Bisnis E-Commerce Jadi Penggerak Investasi dan Tarik Modal Asing
Ingin Nabung Emas di Tokopedia, Berikut Caranya
Petuah Wapres JK Pada Generasi Milenial: Pahami Teknologi Untuk Kemajuan RI
Menengok Sepinya Plaza Semanggi
YLKI Catat Produk E-commerce dan Pinjaman Online Terbanyak Dikeluhkan Konsumen
8 Tips dan Trik Agar Bisnis Online Shop Pakaian Anda Menguntungkan

(mdk/azz)