Tol Kayuagung-Palembang Difungsikan, Gratis saat Natal dan Tahun Baru

UANG | 17 Desember 2019 18:46 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Meski belum dioperasikan secara resmi, tol Kayuagung-Palembang sepanjang 33,5 kilometer (Km) akan difungsikan selama Natal dan Tahun Baru. Pengendara juga tidak perlu membayar jasa layanan karena digratiskan.

Kepala Proyek Seksi Satu Tol Kayuagung-Palembang, Gunawan mengatakan, fungsional tol yang menghubungkan Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Palembang itu mulai 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Ruas jalan yang dibuka selama 24 jam setiap harinya.

"Mulai 23 Desember kita fungsikan dan gratis, belum dikenakan tarif. Nanti berakhir 2 Januari 2020," ungkap Gunawan, Selasa (17/12).

Pihaknya kini tengah merampungkan pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan lampu jalan. Sedangkan ruas jalan yang digunakan akan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian.

"Pada saat dibuka kami pastikan sudah siap semua karena bisa dilewati 24 jam," ujarnya.

Menurut dia, pada dasarnya tol tersebut telah selesai proses pembangunan atau 100 persen. Hanya saja, pembukaan secara resmi akan menunggu kepastian Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

"Rencananya diresmikan oleh presiden, tinggal konfirmasi dari istana saja," kata dia.

1 dari 1 halaman

610 Km Tol Baru Beroperasi di 2019

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ranto Parlindungan Rajagukguk mengatakan, pihaknya siap mengoperasikan sepanjang 610 km ruas tol baru pada 2019. Sementara itu, sepanjang 167,4 km tol baru sudah beroperasi hingga April 2019.

"Jadi untuk 2019, dari Januari-April yang sudah beroperasi itu ada 167,4 km," ucap dia di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (22/4).

Dia menyebutkan, jalan tol yang telah dioperasikan antara lain ruas Bakauheni-Terbanggi Besar segmen Simpang Susun (SS) Bakauheni-SS Lematang dan SS Kotabaru-SS Terbanggi Besar sepanjang 127 km, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 7 sepanjang 9,1 km, dan Pasuruan-Probolinggo seksi 1-3 sepanjang 31,3 km.

Berdasarkan perhitungan sejak periode 2015 sampai April 2019, jalan tol baru yang telah dioperasikan sendiri sudah mencapai 949 km.

Sedangkan berdasarkan data BPJT, akan ada tambahan sepanjang 610 km dari ruas tol baru yang target bisa beroperasi hingga akhir tahun ini. (mdk/idr)

Baca juga:
Tingkatkan Keselamatan, Hutama Karya Sebar Buku Panduan Jalan Tol Trans Sumatera
Hingga Akhir Desember, Jalan Tol Trans Sumatera Sudah Beroperasi 501 Km
Diresmikan Jokowi, Lampung-Palembang Bisa Ditempuh Selama 3 Jam
Catatan Rekor MURI dari Tol Terpanjang di Indonesia yang Baru Diresmikan Jokowi
Mengenal Tol Terpanjang di Indonesia yang Bakal Diresmikan Jokowi
Ke Lampung, Presiden Jokowi akan Resmikan Ruas Tol Terpanjang di Indonesia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.