Tol Solo - Yogyakarta Dibangun Tahun Ini

UANG | 16 April 2019 17:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Adhi Karya memastikan proyek pembangunan tol Solo-Yogyakarta mulai dibangun pada tahun ini. Hal tersebut setelah nantinya pemerintah melakukan tender atas proyek tersebut.

Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto mengatakan, dalam proyek ini, Adhi Karya merupakan pemrakarsa bersama dengan Gama Group. Sehingga nantinya Adhi Karya akan mendapatkan sejumlah keistimewaan.

"Solo-Yogya ini Adhi Karya dan Gama Group. ‚ÄéKami memprakarsa. Jadi kami mengajukan usulan, pemerintah setujui, kami melakukan studi, membuat desain, desain kami serahkan kepada pemerintah. Pemerintah mengundang pihak yang ingin ikut tender, termasuk Adhi Karya. Kami di dalam tender itu mendapat keistimewaan yaitu right to match," ujar dia di Jakarta, Senin (15/4).

Menurut Budi, total investasi proyek ini mencapai Rp 21 triliun. Sedangkan panjangnya mencapai 160 km.

Saat ini, Adhi Karya telah menyelesaikan proses desainnya dan tinggal menunggu proyek tersebut ditenderkan oleh pemerintah. Diharapkan pada tahun ini, jalan tol ini sudah bisa mulai dibangun.

"Kita sudah siap menyerahkan desainnya, tunggu dari pemerintah untuk ditenderkan. Tahun ini lah (mulai dibangun)," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pemasangan Box Girder Proyek 6 Ruas Tol Dalam Kota
Digarap WIKA, Pembangunan Taman Halal Ditarget Selesai di 2020
Rencana Perpanjangan Rute MRT ke Tangerang Masuk Studi Kelaikan
Landasan 3 Bandara Soekarno-Hatta Buat Pergerakan Naik Jadi 114 Pesawat per Jam
Pengguna KRL Meningkat, Jalur Kereta Layang DKI Rp 15 T Mulai Dibangun 2020
Pembangunan Jalan Cibinong-Parung Diperkirakan Telan Rp 100 M, Selesai 2023

(mdk/idr)