Transformasi Digital, Warung Modal Rp1,5 Juta Berubah Jadi Toko Modern

Transformasi Digital, Warung Modal Rp1,5 Juta Berubah Jadi Toko Modern
UMKM. ©2020 Merdeka.com
UANG | 11 Februari 2021 20:00 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi terus mendorong pengusaha UMKM ataupun warung kelontong bertranformasi ke sistem digital. Terbukti, digitalisasi bisa membuat sebuah usaha terus berkembang dan maju. salah satunya warung kelontong di Perumahan Pondok Surya Mandala, Bekasi, Jawa Barang.

Toko tersebut milik Slamet. Digitalisasi telah mengubah wajah Toko Merah miliknya menjadi sebuah toko modern yang tak mengenal batas pasar.

Slamet yang lahir kelahiran Karanganyar, Solo, Jawa Tengah ini butuh setidaknya 4 tahun untuk mengubah warung tradisionalnya menjadi sebuah toko modern.

Transformasi warung menjadi toko merupakan buah dari kombinasi sikap positif seorang Slamet dimasa awal usahanya, mulai dari sikap berani keluar dari zona nyaman, terbuka pada perubahan, rajin menggali ilmu baru, dan keinginan kuat untuk maju.

Usaha warung mulai dijalankan Slamet bersama istrinya sejak 2005. Waktu itu modal awalnya adalah Rp1,5 juta. Pada hari pertama berjualan, omzet jualannya mencapai Rp200.000.

"Itu besar sekali, bandingkan dengan modalnya. Saya sangat bersyukur, baru buka sudah dapat Rp200.000. Waktu itu, warga di sekitar warung menyebutkan dengan Warung Merah karena dicat merah. Setahun kemudian dari laba yang ada, kami tambah stok barang," ujarnya dikutip dari Antara, Kamis (11/2).

Saat itu, toko-toko ritel modern tumbuh menjamur sebagai waralaba di mana-mana, termasuk di kawasan sekitar Warung Merah. Namun, Slamet tidak gentar, dengan bekal berbagai kursus dan bimbingan berbagai pihak yang telah dia dapatkan sebelumnya benar–benar dia terapkan bersama istri tercinta.

Bekal ilmu untuk mengubah warung sederhana dan tradisional menjadi toko modern yang terang benderang, tertata rapi, bersih dan nyaman bagi pembeli telah dia miliki, hingga Slamet berani menambah luas tokonya.

Pada 2009, warung kecil itu berubah menjadi sebuah toko, dan nama pun berubah menjadi Toko Merah.

Baca Selanjutnya: Target Omzet Naik 40 Persen...

Halaman

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami