Triawan Munaf Mengaku Ditawari Jabatan Komut Garuda Indonesia Sejak Oktober 2019

UANG | 24 Januari 2020 18:14 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) menyetujui Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama. Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif ini mengaku sudah lama dibujuk Menteri BUMN Erick Thohir.

Meski baru ditetapkan pada Rabu 22 Januari lalu, Triawan menyebut ajakan bergabung di Garuda itu sudah sejak bulan Oktober tahun lalu. Namun, permintaan Menteri Erick itu tak langsung disetujui.

"Beliau (Erick Thohir) menanyakan kesediaan saya untuk membantu jadi Komisaris Utama di Garuda," cerita Triawan di Kantor BUMN Jakarta, Jumat (24/1).

Tak hanya mengajak bergabung di Garuda Indonesia itu saja. Ada beberapa pesan lain yang disampaikan Menteri Erick padanya dalam rangka membujuk.

1 dari 1 halaman

Harapan Presiden Jokowi untuk Garuda Indonesia

Intinya kata Triawan, Menteri Erick membawa pesan berupa visi dan misi Presiden Jokowi kepada Garuda. Misalkan memperbaiki dan meningkatkan citra dan kinerja Garuda. Serta membantu direksi baru. "Pesan-pesannya sangat jelas," ungkap Triawan.

Setelah beberapa kali melakukan diskusi intens, akhirnya dia pun memutuskan menyetujui permintaan Erick Thohir. "Ada beberapa diskusi dan akhirnya membuat saya mengatakan iya," kata Triawan.

Dalam mengemban tugasnya sebagai Komisaris Utama, Triawan dibantu empat komisaris lainnya. Mereka adalah Chairil Tanjung sebagai wakilnya. Lalu ada Yenny Wahid dan Elisa Lumbantoruan sebagai Komisaris Independen serta Peter F Gontha sebagai Komisaris.

(mdk/bim)

Baca juga:
Garuda Indonesia Kaji Turunkan Harga Tiket Pesawat Saat Periode Sepi
Bos Baru Garuda Indonesia Buka Peluang Turunkan Harga Tiket
Alasan Menteri Erick Pertahankan Fuad Rizal di Garuda Indonesia
Menhub Budi Imbau Direksi Baru Garuda Indonesia Selesaikan Beban Masa Lalu
Cerita Yenny Wahid Diminta Erick Thohir Jadi Komisaris Garuda Indonesia
Erick Thohir Bantah Tudingan Bagi-bagi Jabatan Komisaris Garuda Indonesia
Istana Apresiasi Kementerian BUMN Pilih Figur Terbaik Urus Garuda Indonesia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.