Tunggu SK Menteri, Tarif Tol Malang - Pandaan Masih Gratis

UANG » MALANG | 17 Juni 2019 14:55 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Tarif jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) hingga saat ini masih gratis. Pengelola masih menunggu Surat Keputusan (SK) penetapan tarif dari Menteri BUMN.

"Selama belum keluar SK tarif, masih gratis. Sekaligus sebagai masa sosialisasi juga, bahwa tol Pandaan-Malang itu sudah beroperasi, tetapi masih gratis. Nanti begitu SK keluar, langsung diberlakukan tarifnya," kata Agus Purnomo, Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan-Malang di Malang, Senin (17/6).

Saat ini sedang dalam tahapan pengajuan dan evaluasi, disusul segera dilakukan penambahan-penambahan yang dianggap kurang. Sejumlah komponen masih perlu dilengkapi, beberapa dilakukan penambahan dan pemenuhan yang masih kurang.

"Tahapan (penentuan tarifnya) kita mengajukan, nanti di sana dievaluasi, kalau ada yang kurang kita lengkapi lagi. Belum keluar masih dalam proses. Usulan yang diajukan dalam kisaran antara Rp900 - Rp1000 per kilometer," tegasnya.

Tol Malang-Pandaan seksi I-III telah diresmikan Presiden Joko Widodo, 3 Mei 2019 lalu. Pengratisan tol sepanjang 30,7 Km itu dianggap sebagai sarana promosi kepada masyarakat pengguna.

"Semakin banyak yang tahu kalau kemarin hanya pemudik yang kita sasar, sekarang wisatawan luas yang mungkin belum pernah ke tol Mapan. Begitu tahu kan, bisa menjadi pertimbangan untuk memilih jalan tol," jelasnya.

Tol Malang-Pandaan dalam sehari dilewati sekitar 27.000 per hari. Jumlah tersebut selama pemberlakuan gratis.

Baca juga:
Menteri PUPR: Desain Parkir Rest Area Tol Harus Diubah
Fungsional Tol Manado-Bitung Lebaran 2019 Berakhir Hari Ini
H+3 Lebaran, Tol Palimanan Arah Cikampek Ramai Lancar
Hoaks Struk Tol Hilang Tak Dapat Asuransi, Ini Penjelasan Jasa Marga
Urai Kemacetan, Menhub Budi Imbau Gerbang Tol Palimanan Dibuka
Sistem Satu Arah Diberlakukan, Begini Arus Lalin di Tol Palimanan

(mdk/idr)