Turunkan Harga Tiket Pesawat, Pemerintah Siapkan Insentif Fiskal untuk Maskapai

UANG | 20 Juni 2019 15:51 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK berencana akan memberikan insentif fiskal ke maskapai penerbangan domestik. Hal tersebut dilakukan untuk menekan biaya operasional para maskapai tersebut.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, dengan membengkaknya biaya operasional, maskapai mau tak mau harus menaikkan harga tiketnya. Oleh karena itu, perlu adanya pemberian insentif fiskal bagi para maskapai.

"Ada beberapa langkah yang sedang difinalisasi untuk membantu efisiensi di industri penerbangan. Itu menyangkut jasa persewaan, perbaikan pesawat, persewaan dari luar daerah kepabeanan, dan menyangkut impor suku cadang," ujar Menko Darmin saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (20/6).

Darmin menjelaskan, kebijakan tersebut nantinya akan tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP). Namun, dirinya belum bisa menjelaskan secara rinci karena belum ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

"Ya nantilah kalau sudah ini (disahkan). Soalnya PP-nya belum diteken, saya enggak bisa jelaskan," kata Darmin.

Sebelumnya pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) dengan rute domestik.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan penurunan harga tiket LCC ini nantinya hanya berlaku untuk jadwal penerbangan tertentu saja. Artinya tidak semua penerbangan LCC akan diberlakukan penurunan tarif tiket pesawat.

"Dari diskusi tadi sadari bahwa kita sebetulnya sudah makin dekati batas yang bisa dicapai karena disatu pihak pemerintah ingin memberi merespon harapan harapan masyarakat, di sisi lain pemerintah melihat keberlangsungan industri penerbangan, telah diambil kesimpulan dan merumuskan kebijakan penurunan harga tiket penerbangan dari LCC," kata Menko Darmin.

Baca juga:
Keputusan Baru, Pemerintah Jokowi Turunkan Harga Tiket Lion Air Cs
Menko Darmin Kembali Kumpulkan Pejabat Bahas Harga Tiket Pesawat Mahal
Menteri Rini 'Lari' Dicecar Tentang Tiket Pesawat Mahal dan Kasus PLN
VietJet Sebar 1 Juta Tiket Pesawat Mulai Harga Rp0 untuk ke Korea Hingga Jepang
Lion Air Sebar Tiket Promo, Jakarta - Padang Cuma Rp700.000-an

(mdk/idr)