'Ubah aturan jadi bukti Sudirman Said keok dari mafia gas'

UANG | 10 Desember 2015 15:16 Reporter : Saugy Riyandi

Merdeka.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berencana merevisi Peraturan Menteri Nomor 37 tahun 2015 tentang tata kelola dan alokasi gas bumi. Padahal, aturan tersebut bertujuan untuk memberantas mafia gas bumi yang membuat harga ke konsumen semakin tinggi.

Revisi aturan tersebut membuat Sudirman Said dinilai keok terhadap mafia gas. Padahal, saat ini, mantan Dirut Pindad ini tengah memerangi mafia yang berada dalam kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo.

"Harusnya pak Sudirman tidak perlu takut dengan mafia gas. Revisi aturan ini jadi bukti Sudirman keok terhadap mafia gas. Padahal, beliau (Sudirman) berani lawan mafia Freeport," ujar Direktur IRESS Marwan Batubara kepada merdeka.com di Jakarta, Kamis (10/12).

Menurut dia, seharusnya Sudirman Said mampu mempertahankan aturan gas bumi ini. Selain untuk menertibkan trader liar, aturan ini membuat tata kelola gas menjadi lebih baik.

"Gas bumi itu salah satu kebutuhan masyarakat. Kalau ada mafia bikin harga gas ke konsumen tinggi. Aturan itu lebih bijak dipertahankan daripada direvisi," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Sudirman Said, berencana merevisi Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 tahun 2015 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penetapan Alokasi dan Pemanfaatan serta Harga Gas Bumi. Dia mengaku revisi tersebut bukan atas desakan dari para trader bermodal kertas.

"Bukan karena desakan dari siapapun, Permen (ESDM) 19 dan Permen 37 harus dikonsolidasikan. Karena semangatnya adalah mendorong efisiensi supaya pasar gas lebih efisien, lebih kompetitif," ujar dia. (mdk/sau)


Sudirman Said diminta abaikan desakan revisi aturan alokasi gas bumi
Baru sebulan diterbitkan, Sudirman Said revisi aturan trader gas
Menteri Sudirman sebut aturan ESDM bikin harga gas turun 30 persen
ESDM dinilai harus berani lawan trader gas bermodal kertas
Aturan ESDM dinilai ciptakan monopoli baru pengelolaan gas bumi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.