UMKM & Perusahaan Multinasional Siapkan 650 Peluang Kerja untuk Alumni Kartu Prakerja

UMKM & Perusahaan Multinasional Siapkan 650 Peluang Kerja untuk Alumni Kartu Prakerja
lowongan kerja. ©2018 liputan6.com
EKONOMI | 1 Desember 2021 14:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Momentum pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19 semakin terlihat. Salah satunya terbukti pada pada Jobs.id Virtual Week Session 3, yang terlihat dari antusiasme para kolaborator dan UMKM membuka lapangan kerja. Hasilnya, lebih dari 70 perusahaan baik multinasional, nasional, dan UMKM menyediakan lebih dari 650 peluang kerja yang diperebutkan lebih dari 14.500 peserta program. Program ini diprioritaskan untuk alumni Kartu Prakerja.

PT Qerja Manfaat Bangsa (Qerja) melalui salah satu entitas produknya Jobs.id telah menggelar Jobs.id Virtual Week Session 3 yang dilaksanakan pada 22-28 November 2021, dengan mengangkat tema #BanggaKerjaDiUMKM.

Dalam gelaran kali ini, Jobs.Id juga mengemban misi untuk mengintegrasikan strategi link & match dengan capacity building para talenta. Sehingga dalam satu platform para pencari kerja bisa menggali potensi dan opsi-opsi pengembangan yang dikemas dalam virtual job fair, virtual interview dengan perusahaan, live webinar dengan para coach profesional.

Jobs.id juga melihat tren pelaku industri yang masih berhasil tumbuh selama pandemi, tetap secara agresif merekrut tenaga kerja demi mengisi kebutuhan SDM di dalam organisasi. Sektor ritel, banking, food & beverages dan juga teknologi yang saat ini sedang berkembang menjadi pusat perhatian para pencari kerja.

Hal ini terlihat dari jumlah serapan pelamar sebesar 70 persen berada di beberapa perusahaan seperti di Bank Danamon, Mitra Adiperkasa, Indomarco, PT Paragon, Shopee, Arta Boga Cemerlang, Sasa Inti, dan masih banyak lagi

"Jobs.Id mengapresiasi dan ikut bersemangat bersama seluruh peserta Virtual Week - Sessions 3 khususnya kolaborasi antara perusahaan dan berlangsung sangat produktif. Kami juga terus menghimpun strategi untuk dapat berinovasi menjawab tantangan masa depan, yang semakin adaptif. Terima kasih, dan kami bersyukur kegiatan ini telah selesai," jelas Head Of Product & Marketing PT Qerja Manfaat Bangsa, Geo Fany di Jakarta, Rabu (1/12).

Virtual Job Fair ini menjadi jawaban atas kendala teknis yakni proses rekrutmen tatap muka, dan keterbatasan jangkauan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan SDM yang berada di lokasi yang jauh dari entitas induk yang banyak terpusat di pulau Jawa. Hal tersebut dikatakan oleh Silviana Tjung, Jr. Spv HRD Recruitment at PT Indomarco Prisatama.

"Kegiatan ini sangat memudahkan PT Paragon Technology and Innovation dalam upaya menemukan Talenta yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, ditambah antusiasme dari kandidat pencari kerja yang luar biasa serta panitia yang sangat kooperatif untuk selalu membantu," ucap Employer Branding PT. Paragon Technology and Innovation Hana Kusumawardhani.

2 dari 2 halaman

Kesempatan Kerja UMKM

UMKM juga menjadi vocal point dalam Jobs.id Virtual Week Session 3 kali ini, ini sekaligus mendukung keberlanjutan para pelaku UMKM sekaligus mengedukasi tentang tata kelola sumber daya manusia yang efektif, serta meningkatkan daya saing antar pelaku usaha.

Acen Trisusanto, pemilik UMKM Kekucingan yang berada pada sektor kreatif dan layanan satwa peliharaan. Bagi Acen, kesempatan ini adalah cara penting bagi perusahaan terus berkembang.

"Ini kali pertama kami selaku Pelaku Usaha UMKM mengikuti virtual job fair, dalam proses rekruitment ini membuat lebih terstruktur dan menjadi lebih mudah dilakukan karena tidak harus bertatap muka secara langsung," jelas Acen.

Kegiatan Jobs.Id Virtual Week ini masih berlangsung dari 30 November hingga 10 Desember 2021 nanti, dengan fokus membantu mempertemukan UMKM yang telah bermitra dengan pencari kerja khususnya adalah alumni dari penerima Program Kartu Prakerja.

"Kami mengajak seluruh teman-teman lulusan baru, para pelaku usaha untuk dapat berperan aktif dalam mendukung program-program yang terintegrasi, dan efisien. Serta jangan lupa meramaikan kegiatan kami, dan akhirnya, banyak pencari kerja yang memulai langkah kesuksesannya, saat mulai mengikuti Jobs.ID Virtual week," tutupnya.

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Demi Kenyamanan Peserta, Kartu Prakerja Habiskan Dana Besar pada Aspek Pengaduan
Pemerintah Klaim Kartu Prakerja Efektif Atasi Permasalahan Pengangguran
Pemerintah Lanjutkan Program Kartu Prakerja di 2022, Anggaran Disiapkan Rp11 T
Ditutup Hari Ini, Simak Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 12-22
Ditutup Besok, Begini Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 12 Hingga 22
Simak Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja di 2022

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami