United Tractors Berencana Akuisisi Tambang Baru

UANG | 16 April 2019 20:19 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - PT United Tractors Tbk (UNTR) berencana mengakuisisi tambang mineral, termasuk batu bara dan emas. Ini dilakukan sebagai upaya dalam menggenjot kinerja perusahaan di tengah rendahnya harga batu bara.

Direktur Utama United Tractors, Franciscus Kesuma mengatakan, untuk saat ini pihaknya tengah membidik beberapa tambang yang nantinya akan diakuisisi. Beberapa tambang yang ditunjuk pun tengah dalam penjajakan dan uji tuntas atau due diligence.

"Mineral memang baru emas dan ke depan masih prioritas dan kami terbuka untuk akuisisi tambang yang sudah jadi dan kalau ada potensi green field terutama yang masih di sekitar cluster Asmin dan sekitarnya. Itu akan jadi prioritas cooking dan thermal," katanya usai menggelar RUPST di Grand Ballroom United Tractors, Jakarta, Selasa (16/4).

Franciscus menjelaskan, pihaknya memang sedang fokus mengembangkan bisnis tambang mineral, terutama emas. Ini dikarenakan penjualan alat berat saat ini dalam tren menurun.

Pengembangan bisnis ini pun sejalan dengan prediksi perusahaan pada tahun ini. Di mana, penjualan alat berat diprediksi turun menjadi 4.100 unit, dari posisi penjualan tahun lalu sebanyak 4.879 unit.

Namun demikian perusahaan optimis bahwa penjualan yang rendah ini akan ditopang dari bisnis pemeliharaan alat berat. Meski pun kata dia secara tren bisnis pemeliharaan alat berat ini juga diprediksi akan stagnan dibanding tahun lalu.

Baca juga:
United Tractors Sebar Dividen Rp4,5 Triliun, Harga per Saham Rp1.193
Bantu korban bencana, United Tractors kirim 4 unit alat berat ke Palu
United Tractors perkenalkan Scania new truck generation di Indonesia
United Tractor Semen Gresik siap bayarkan pajak alat berat sesuai aturan

(mdk/idr)