Untung Rugi Beli Mobil Baru dan Bekas

Untung Rugi Beli Mobil Baru dan Bekas
Ilustrasi membeli mobil. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/kurhan
EKONOMI | 16 Januari 2022 08:00 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Perencanaan keuangan dalam membeli kebutuhan rumah tangga sangat penting dilakukan. Salah satunya dalam pembelian mobil sebagai bagian dari kebutuhan akomodasi. Pertimbangan membeli mobil baru dan bekas menjadi pilihan, yang dapat disesuaikan dengan kantong.

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho menjabarkan keuntungan dan kerugian membeli mobil baru dan bekas. Dari sisi pembelian mobil baru, ada dua keuntungan.

"Pertama, karena baru keluar dari pabrik, kondisinya bisa dibilang masih terjamin bagus dan prima. Kedua, terdapat garansi untuk perawatan atau jasa servis untuk jangka waktu atau jarak tempuh tertentu," ujar Andi kepada merdeka.com, Jakarta, Jumat (14/1).

Kerugian membeli mobil baru dari sisi harga pada umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan dalam kondisi bekas. Kemudian, bila pembelian dengan cara kredit, maka total pembayaran yang dikeluarkan pada akhir masa kredit akan jauh lebih besar dari harga beli secara cash.

"Apalagi bila kemudian kita jual, maka depresiasi harganya lebih besar dibandingkan dengan beli mobil second," kata Andi.

Sementara itu, kerugian lainnya adalah harga pajak kemungkinan lebih mahal dibandingkan dengan mobil second untuk tipe dan merek yang sama namun beda tahun produksinya.

2 dari 3 halaman

Untung Rugi Beli Mobil Bekas

beli mobil bekas rev1

Andi melanjutkan, keuntungan membeli mobil bekas adalah harga lebih murah dibandingkan membelinya dalam kondisi baru. Kemudian, ketika dijual lagi, depresiasi harga lebih rendah dibandingkan dengan membeli mobil dari kondisi baru.

"Keuntungan lainnya adalah pajak kendaraan bisa lebih murah dibandingkan mobil baru, karena tahun pembuatan yang lebih tua," jelas Andi.

Selanjutnya kerugian membeli mobil bekas, ada kemungkinan untuk biaya reparasi dan komponen suku cadang yang harus diganti, karena usia kendaraan yang tua menjadi banyak sehingga memerlukan banyak biaya, waktu, dan tenaga.

"Lalu bisa jadi garansi servis nya sudah habis ketika kita membelinya," katanya.

3 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Memutuskan Beli Mobil

sebelum memutuskan beli mobil rev1

Andi memberikan 7 tips yang harus dilakukan sebelum memutuskan membeli mobil. Pertama, sesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan membeli mobil karena memang butuh.

"Syukur-syukur akan digunakan sebagai aset produktif semisal untuk mengangkut barang dagangan, dijadikan mobil sewa atau taxi online. Bila untuk kebutuhan ke kantor atau rekreasi bersama keluarga, pastikan agar tidak hanya sekedar untuk gegayaan namun lebih pada fungsinya," katanya.

Tips kedua, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Bila budget terbatas, belilah mobil yang sesuai dengan kemampuan baik itu ketika hendak membelinya secara cash maupun kredit. "Ketiga, bila membeli secara kredit, pastikan kita mampu membayar cicilan bulanannya tanpa bikin cash flow kebutuhan sehari-hari menjadi goyang," katanya.

Tips keempat adalah memperhatikan dan membayar pajak mobil secara rutin. Kelima, memperhatikan jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) yang digunakan. "Bagaimana konsumsi BBM, rata-rata irit atau tidak. kalo memang budget terbatas, carilah yang CC nya kecil agar irit BBM," katanya Andi.

Keenam adalah, teliti biaya perawatan dan suku cadang, karena walaupun mobil second dan bisa didapat dengan harga murah, namun untuk beberapa merk ada yang harga suku cadangnya cukup mahal. "Ketujuh perhitungkan biaya maintenance sehari-hari seperti parkir, biaya tol, konsumsi BBM," tandas Andi.

(mdk/azz)

Baca juga:
9 Tips Aman Belajar Bawa Mobil Bagi Pemula, Jangan Sampai Celakai Orang Lain
25 Harga Mobil Bekas untuk Keluarga di Bawah 150 Juta Rupiah, Banyak Pilihan
5 Cara Mudah Merawat Cat Mobil Agar Awet dan Tetap Berkilap
Cara Mengemudi Mobil Matic untuk Pemula, Mudah dan Aman
10 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan, Supaya Tetap Save Riding

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami