Untung Rugi Diskon Listrik Saat Pandemi

Untung Rugi Diskon Listrik Saat Pandemi
PLN. Istimewa ©2018 Merdeka.com
EKONOMI | 22 Juli 2021 12:20 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan membeberkan keuntungan dan kerugian diskon listrik bagi negara dan masyarakat. Seperti diketahui pemerintah mengucurkan diskon listrik sebagai bantuan bagi masyarakat di masa pandemi hingga Desember 2021.

Mamit mengatakan, listrik menjadi suatu kebutuhan primer bagi masyarakat yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi kalau ada masyarakat yang tidak punya listrik dipastikan akan tertinggal dibanding masyarakat yang terjamah listrik.

"Karena selain mengisi kebutuhan primer juga nisa meningkatkan akses ke ilmu pengetahuan. Masyarakat bisa menjadi lebih paham mengenai kondisi luar," katanya, Kamis (22/7).

"Apalagi ada sekolah online kalau listrik padam, tower padam, dan tidak ada back up akan mengganggu proses belajar online dan belajar, bisnis yang dilakukan masyarakat," sambungnya.

Mamit pun menjabarkan keuntungan diskon listrik. Pertama, mengurangi beban masyarakat dan UMKM di masa pandemi. Sebab, masyarakat yang mendapat subsidi adalah kelas 450 VA dan 900 Va.

"Keuntungannya satu mengurangi beban masyarakat dan UMKM. Apalagi yang berhak mendapatkan subsidi dan potongan adalah kelas rendah 450 Va dan 900 Va," katanya.

Keuntungan selanjutnya adalah, diskon listrik menjadi penggerak perekonomian. Tidak hanya itu, diskon listrik juga bisa menjadi upaya menjaga daya beli masyarakat. Selanjutnya adalah keuangan PLN tidak terdampak.

"Kerugiannya, menambah beban keuangan negara. Namun ini adalah bentuk kepedulian perintah, bahwa negara hadir. Segala upaya dilakukan untuk membantu perekonomian masyarakat dan negara," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Diperpanjang Hingga Desember, Anggaran Diskon Listrik Naik Rp9,49 Triliun
Stimulus Listrik Diperpanjang Hingga Desember, Ini Cara Mendapatkannya
ESDM: 32 Juta Pelanggan PLN Terima Diskon Tarif Listrik
Pemerintah Perpanjang Diskon Listrik Hingga Desember 2021
Diskon Tarif Listrik Diperpanjang Hingga Akhir 2021, Anggaran Ditambah Rp 1,91 T
Ini Cara Mudah Masyarakat Mengecek Apakah Berhak Terima Diskon Tarif Listrik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami