UU Cipta Kerja dan Vaksin Covid-19 Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi

UU Cipta Kerja dan Vaksin Covid-19 Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi
UANG | 24 November 2020 13:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dunia usaha tengah menunggu kepastian vaksinasi covid-19. Dengan adanya kepastian tersebut, dunia usaha akan lebih mudah menyusun rencana usahanya dalam membantu pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani menjelaskan, vaksinasi berkaitan erat dengan konsumsi masyarakat. Terlebih, konsumsi memiliki porsi besar dalam perekonomian Indonesia.

"Dengan vaksinasi ini kalau kita lihat relate-nya ke konsumsi. Kita ketahui konsumsi kurang lebih kontribusinya 56-57 persen dari perekonomian kita," ujar dia dalam Economic Outlook 2021: Memacu Pertumbuhan di Tengah Pandemi, Selasa (24/11).

Di samping itu, Rosan juga menyebutkan efektivitas implementasi Undang-undang Cipta Kerja sebagai salah satu kunci pemulihan dunia usaha. "Kami melihatnya game changer di 2021 ada dua. Satu vaksinasi. Dua, UU Cipta Kerja," ujar dia.

Rosan menjelaskan, adanya vaksinasi akan menekan ketidakpastian dan memunculkan optimisme dunia usaha, sekaligus menggugah kepercayaan masyarakat untuk spending. Sehingga roda perekonomian dapat berputar dan perlahan pulih.

Sementara melalui UU Cipta Kerja, Rosan mengaitkannya dengan investasi. Dalam catatannya, kontribusi investasi pada perekonomian Indonesia adalah sebesar 30-31 persen. Sehingga melalui UU ini diharapkan dapat meraup investasi untuk pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan itu, harapannya kepercayaan ada, beban usaha berkurang, iklim investasi meningkat, produktivitas meningkat dan ujungnya lapangan kerja tercipta lebih baik. Oleh karena itu harapannya ini akan lebih memberikan kepastian di dalam negeri. Insyaallah dengan UU cipta kerja ini bisa jadi game changer kedua melalui investasi," kata dia.

Reporter: Pipit Ika Ramdhani

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Penanganan Sektor Kesehatan Kunci Atasi Krisis Akibat Pandemi Covid-19
Ketua Banggar DPR: Ekonomi Indonesia Masuki Fase Titik Balik Pemulihan
Ketua OJK Sebut Tanda Pemulihan Ekonomi Indonesia Mulai Terlihat
Ketua Satgas PEN: Jangan Gunakan Kebijakan Lama Atasi Krisis Akibat Pandemi Covid-19
Bansos Corona Diklaim Sri Mulyani Sukses Jaga Tingkat Kemiskinan di Satu Angka

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami