Vaksinasi Dimulai, Pertumbuhan Ekonomi 2021 Diprediksi Capai 4,4 Persen

Vaksinasi Dimulai, Pertumbuhan Ekonomi 2021 Diprediksi Capai 4,4 Persen
pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori
UANG | 25 Januari 2021 11:56 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Riset Office of Chief Economist Bank Mandiri memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 akan tumbuh positif mencapai 4,4 persen. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro.

"Kami memperkirakan ekonomi dapat tumbuh 4,4 persen di tahun 2021," tegasnya dalam webinar Persiapan Pelaksanaan Mandiri Investment Forum 2021 secara virtual di Jakarta, Senin (25/1).

Andry mengungkapkan, proyeksi tersebut lebih baik dibandingkan tahun 2020 karena didorong oleh pertumbuhan konsumsi dan investasi swasta yang diperkirakan akan tumbuh positif tahun ini dibandingkan tahun 2020 yang terkontraksi. Menyusul telah dimulainya upaya vaksinasi oleh Pemerintah Jokowi sejak awal tahun ini.

"Sehingga ini akan mendorong tren pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih positif," imbuh dia.

Dia menambahkan, pada tahun 2021 ini juga terdapat beberapa sektor ekonomi potensial untuk menarik investasi swasta. Di antaranya adalah sektor infrastruktur, kesehatan, pendidikan, hingga komunikasi atau ICT. Tak hanya itu, kinerja industri manufaktur juga diprediksi mengalami perbaikan di sepanjang tahun ini khususnya bagi sektor otomotif dan elektronik.

"Kalau komunikasi itu lebih karena peningkatan berbagai aktivitas digital seperti dari mulai sekolah hingga berkantor selama pandemi ini. Begitupun dengan manufaktur yang juga mengalami perbaikan khususnya otomotif dan elektronik imbas dari perjanjian dagang," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Jokowi Tekankan Perluasan Akses Permodalan Atasi Ketimpangan Sosial
Eksekusi Program Covid-19 Pemerintah Jokowi Tentukan Nasib Ekonomi Tahun ini
OJK Adalah Lembaga Penyidik dan Pengawas Independen, Berikut Penjelasannya
Jokowi Optimis 2021 Momentum Indonesia Jadi Negara Maju
Perbaikan Industri Manufaktur Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Setelah Pandemi
LPEI Optimis Kinerja Ekspor Makin Baik di 2021

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami