Wamendag: Game Online Bisa Menjadi Alternatif Produk Ekspor

Wamendag: Game Online Bisa Menjadi Alternatif Produk Ekspor
UANG | 13 Juli 2020 19:21 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, mengatakan Kementerian Perdagangan menyambut baik terobosan ekspor game online Indonesia. Menurut Jerry, ekspor game online memiliki banyak kelebihan.

"Karena sebetulnya game online itu bisa menjadi salah satu alternatif untuk produk ekspor kita. Selama ini mungkin kita banyak mengekspor produknya gas dan non-migas produk-produk mentah ke luar negeri," kata Jerry dalam Webinar, Senin (13/7).

Kelebihan game online, lanjutnya, dari segi efisiensi yakni mudah untuk diekspor karena dari segi distribusi tidak perlu ada biaya logistik yang besar. Lalu konten dari game online bisa mengundang banyak partisipan atau konsumen dari berbagai kalangan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Serta game online berpotensi menyumbangkan pendapatannya pada ekonomi nasional. Dia pun mencontohkan Korea Selatan, yang pendapatan terbesar mereka salah satunya berasal dari perusahaan game online.

"Artinya itu bisa menjadi terobosan alternatif menghasilkan benefit untuk menghasilkan surplus, karena ada surplusnya sehingga terobosan-terobosan ini bisa kita notifikasi, dan akan banyak game online berikutnya dan sejenisnya yang bisa diekspor ke luar yang bisa memberikan banyak manfaat buat kita," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Ekspor Indonesia Butuh Inovasi

butuh inovasi

Jerry mengatakan bahwa terobosan-terobosan seperti itulah yang dibutuhkan untuk ke depannya, agar Indonesia tidak hanya mengekspor hal-hal yang sudah lumrah. Melalui game online bisa memberikan warna tersendiri dalam hal ekspor.

"Untuk masyarakat, para gamer, dan untuk para pelaku industri itu, sehingga ke depannya menjadi segmen yang khusus dan mungkin Indonesia bisa dikenal melalui game online buatan 100 persen anak bangsa," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Meski Ada IA-CEPA, RI Tak Bebaskan Bea Masuk Beras dan Minuman Alkohol Asal Australia
IA-CEPA Diharapkan Pangkas Defisit Perdagangan dengan Australia
5 Fakta di Balik Indonesia Sulit Lepas Jerat Impor Sampah
KLHK: Kita Impor Sampah karena Pemda Belum Mampu Menyediakan
Sindiran DPR: Jadi Negara Berpenghasilan Menengah Atas, Tapi RI Masih Impor Sampah
Bos Bea Cukai Pusing Sampah Impor Numpuk dan Tak Kunjung Ada Kejelasan
Hingga Mei 2020, Pemerintah Terbitkan 101 Rekomendasi Izin Impor Sampah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami