Wamendag Jerry Sambuaga Minta Milenial Wajib Punya Jiwa Wirausaha

Wamendag Jerry Sambuaga Minta Milenial Wajib Punya Jiwa Wirausaha
Wamendag Pakai Produk UMKM di Acara Sosialisasi Hasil Perundingan IE-CEPA. ©2021 Istimewa
EKONOMI | 16 September 2021 17:38 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, bahwa millenial dan Gen Z harus punya jiwa wirausaha atau entrepreneur. Menurut Jerry, dunia bergerak dengan cepat dan harus disikapi dengan sikap yang tepat.

"Perubahan terjadi cepat sekali. Pasti akan memunculkan tantangan-tantangan baru. Dan setiap tantangan pasti akan menciptakan peluang baru juga. Nah, hanya millenial yang berjiwa entrepreneur yang bisa melihat dan memanfaatkan peluang itu," ujarnya di depan millenial Forum Komunikasi Putra Putri TNI (FKPPI) ditulis Kamis (16/9).

Dia melanjutkan teknologi-teknologi baru tercipta sehingga pekerjaan-pekerjaan lama mulai digantikan oleh mesin bahkan robot. Sementara, teknologi informasi makin terintegrasi dengan kehidupan manusia. Menurut Wamendag itu menuntut perubahan paradigma dan mindset manusia agar bersikap sesuai dengan keadaan yang ada.

Wamendag sendiri mengaku senang dengan semangat generasi muda yang makin banyak yang berjiwa entrepreneur.

"Saya sudah berkeliling Indonesia. Dari situ saya temukan bahwa jiwa dan semangat entrepreneur anak muda luar biasa. Ada yang berkecimpung di dunia teknologi, entertainment hingga pertanian, perkebunan, kemaritiman dan lain-lain," tambah Jerry.

Besarnya jiwa entrepreneur anak muda ini sangat menguntungkan Indonesia. Dari sisi perdagangan banyak anak muda yang sudah menjadi pelaku bahkan hingga ekspor. Yang lebih mengagumkan, kata Jerry, banyak anak muda yang menciptakan produk-produk baru yang belum ada sebelumnya di Indonesia.

"Termasuk di bidang teknologi informasi dan digital. Mereka banyak yang bikin aplikasi, alat simulasi hingga game online dan bahkan kripto."

2 dari 2 halaman

Keuntungan untuk Indonesia

indonesia rev1

Kreatifitas ini menurut Jerry akan berdampak pada dua hal. Pertama, ini akan meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Hal ini karena teknologi yang diciptakan anak muda bukan hanya memperkaya produk tetapi meningkatkan efisiensi produksi. Kedua, ini akan mendorong transformasi ekonomi Indonesia.

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yaitu menuju ekonomi dan industri 4.0 atau bahkan 5.0. Nah ini ternyata yang ada di garda depannya anak muda," kata Wamendag.

Oleh karena Itu, Wamendag mengaku sangat bangga dengan anak muda Indonesia. Anak muda terbukti bisa bukan hanya menjadi agen perubahan tetapi menciptakan perubahan itu sendiri.

FKPPI sebagai salah satu organisasi pemuda besar menurutnya bisa menjadi wadah yang sangat baik untuk menampung, mendorong dan mengakomodasi anak-anak muda yang kreatif, cerdas dan berjiwa entrepreneur. Sebab, FKPPI menurut Jerry punya jejaring yang sangat kuat dan luas. Akses-akses pengembangan diri sangat terbuka di FKPPI.

"Kalau itu bisa dimanfaatkan secara optimal tentu akan menjadi kekuatan yang luar biasa," tutupnya.

(mdk/bim)

Baca juga:
Daya Beli Furniture Selama PPKM Meningkat
Berani Berubah: Dosen Bantu Perekonomian Warga dengan Usaha Dompet Kulit
Potret Pekerja Pariwisata yang Bangkit Saat Pandemi
Pemerintah Target Kewirausahaan RI Capai 3,95 Persen di 2024
Intip Pembuatan Sirop Pokak, Cara Emak-emak Probolinggo Berdaya Ekonomi Saat Pandemi
Pria Jogja Ini Jadi Miliarder dari Susu Sapi Perah, Omzet hingga Rp5 Miliar per Bulan
Sering Dicibir jadi Petani, Lulusan S2 Ini Buktikan Bisa Raup Ratusan Juta Per Bulan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami