Wamenkeu: Terakhir Kali Dunia Dikagetkan Pandemi 100 Tahun Lalu

Wamenkeu: Terakhir Kali Dunia Dikagetkan Pandemi 100 Tahun Lalu
UANG | 6 Agustus 2020 10:40 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara mengatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini bukanlah sesuatu yang bisa dijumpai setiap tahunnya. Bahkan, terakhir kali dunia dikagetkan oleh pandemi seperti ini terjadi pada 1918, atau tepatnya 100 tahun lalu.

"Kita sadar sekali bahwa yang namanya pandemi covid ini bukan rutinitas, ini bukan 10 tahunan, ini bukan 50 tahunan, terakhir kali dunia itu dikagetkan oleh pandemi seperti ini adalah tahun 1918, 100 tahun yang lalu," kata dia dalam Webinar Keterbukaan Informasi Publik digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (6/8).

Pemerintah pun tidak pernah membayangkan bahwa akan hidup di periode pada saat dunia menghadapi pandemi yang luar biasa. Apalagi, virus yang terjadi pada hari ini tidak ada obatnya dan belum ditemukan vaksinya.

"Tapi sekarang kita dihadapkan pada situasi seperti hari-hari ini dan kita hidup pada periode ini. Dengan demikian kita mesti sadar sesungguhnya kita itu memiliki tanggungjawab sejarah untuk benar-benar memikirkan baik diri kita sendiri, keluarga kita, lingkungan di rumah kita, RT, RW kita, bahkan sampai dengan lingkungan negara kita harusnya seperti apa," jelas dia.

Menurutnya, dalam menghadapi pandemi Covid-19 tanggungjawab sejarah ada dipundak masing-masing. "Kita semua harus menggabungkan bahwa kita ini memiliki tanggungjawab sejarah bukan sejarah yang akan berpulang tiap 10 tahun tapi terakhir sejarah ini pada 100 tahun yang lalu," tandas dia.

Baca Selanjutnya: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2020 Minus...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami