Wapres: Indonesia Bisa Jadi Pemain Keuangan Syariah yang Diperhitungkan di Global

Wapres: Indonesia Bisa Jadi Pemain Keuangan Syariah yang Diperhitungkan di Global
Maruf Amin. ©2019 dok.Setwapres RI
UANG | 29 Desember 2020 15:15 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menyambut baik penggabungan tiga Bank BUMN Syariah yang akan dilakukan pada tahun depan. Dia mengatakan, penggabungan tersebut akan membuat Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global sebagai pemain keuangan syariah terbesar.

"Dengan adanya Bank Syariah Indonesia ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi pemain keuangan syariah yang diperhitungkan baik di tingkat lokal maupun global," kata dia dalam sambutannya di acara Sharia Business & Academic Sinergy, yang digelar virtual, Selasa (29/12).

Seperti diketahui, dalam rangka memperkuat kelembagaan keuangan syariah di dalam negeri dan dalam rangka meningkatkan partisipasi Indonesia dalam perekonomian syariah global, pemerintah menggabungkan tiga bank syariah yang dimiliki oleh HIMBARA.

Ketiganya yaitu Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah dan akan beroperasi penuh pada Februari 2021 dengan nama Bank Syariah Indonesia.

Sebelumnya ,Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo memandang ketiga bank syariah BUMN ini memiliki keunggulan masing-masing.

Bank BRI Syariah unggul di segmen mikro. Bank BNI unggul di segmen consumer. Sedangkan, Bank Mandiri Syariah unggul di segmen wholesale. Sehingga bila digabungkan memiliki kompetensi yang lengkap.

"Gabungan bank ini akan ini punya kompetensi yang lengkap," kata dia.

Baca Selanjutnya: Dukungan Teknologi...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami