Wapres Ma'ruf Amin Ingin Percepat Perkembangan Ekonomi Syariah

Wapres Ma'ruf Amin Ingin Percepat Perkembangan Ekonomi Syariah
UANG | 30 Oktober 2019 14:35 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantornya. Dalam pertemuan tersebut, Ma'ruf Amin sedang mencari cara bagaimana mempercepat ekonomi syariah dari sisi program kerja.

Dimulai dari sisi ekonomi riil seperti industri halal hingga industri perbankan. Tidak hanya itu, dari sektor pendidikan juga beberapa perguruan tinggi yang sudah memiliki program ekonomi islam harus terus dikembangkan.

"Beliau juga menyampaikan sekarang sedang dipikirkan bagaimana akselerasi ekonomi Islam syariah dari sisi program kerja baik itu dari sisi ekonomi riil seperti industri halal sampai industri keuangan, perbankan, asuransi, capital market," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (30/10).

Sri Mulyani yang ditunjuk sebagai ketua formatur dari ikatan ahli ekonomi pun melaporkan terkait perkembangan dan struktur dalam IAEI tersebut. Tidak hanya itu, dia juga menyampaikan susunan struktural kepengurusan.

"Kami lapor ke bapak Wapres yang secara struktural beliau pengarahnya. Sehingga kita juga menyampaikan draf dari kepengurusan dan arahan dari beliau serta rencana langkah ke depan," imbuhnya.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terpilih sebagai Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) periode 2019-2023. Sri Mulyani mengatakan, dengan penuh kerendahan hati dan kesungguhan dirinya akan berusaha mewujudkan harapan tersebut.

Menurutnya, tantangan ekonomi Indonesia yang mayoritas beragama Islam adalah memajukan kesejahteraan umat dan menciptakan kesempatan yang adil bagi semua. Ini untuk dapat mengaktualisasikan potensi dirinya untuk menjadi manusia yang produktif inovatif dan berkualitas dengan tetap memelihara nilai-nilai religiusitas luhur keislamannya.

"Selama 4 tahun ke depan saya akan berupaya untuk membangun IAEI menjadi organisasi para akademisi, ekonom-ekonom, praktisi dan industri dan policymakers yang profesional dan unggul sehingga dapat berperan aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia," kata dia.

"Tentunya tercapainya kesejahteraan umat secara adil dan merata menjadi tujuan akhir yang ingin kita capai. Indonesia sebagai negara dengan jumlah umat muslimnya yang terbesar di dunia mempunyai potensi besar dalam mengembangkan perekonomian Islam guna mensejahterakan umatnya," lanjut Sri Mulyani. (mdk/azz)

Baca juga:
Temui Wapres Ma'ruf, Tokopedia Bahas Layanan Berbasis Syariah
Bank Muamalat dan Islamic Development Bank Temui Wapres Maruf, Bahas Apa?
Wapres Ma'ruf Amin Ajak Santri Jadi Penggerak Ekonomi
Indonesia Raih Peringkat Pertama Pasar Keuangan Syariah Global 2019
Strategi BI untuk Ekonomi Syariah Berperan Vital Bagi RI
Indonesia Bakal Menggelar Festival Ekonomi Syariah Bertaraf Internasional

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami