Wapres Maruf Amin: Tahun Ini Momentum Kebangkitan Pesantren dan Keuangan Syariah

Wapres Maruf Amin: Tahun Ini Momentum Kebangkitan Pesantren dan Keuangan Syariah
Wapres Maruf Amin. ©Antara
EKONOMI | 22 Oktober 2021 11:55 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan, tahun ini merupakan momentum kebangkitan, baik bagi pesantren maupun ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam Peringatan Hari Santri Nasional 2021 dan Peluncuran Logo Masyarakat Ekonomi Syariah.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada Bapak Presiden atas perkenannya hadir pada acara Peringatan Hari Santri tahun ini, sekaligus untuk meluncurkan logo baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Karena kita melihat bahwa tahun ini merupakan momentum kebangkitan, baik bagi pesantren maupun ekonomi dan keuangan syariah Indonesia," katanya, Jakarta, Jumat (22/10).

Maruf Amin mengatakan, Hari Santri yang kita peringati tiap tanggal 22 Oktober merupakan penghargaan kepada kaum santri atas peran dan pengabdiannya. Kaum santri dan seluruh sub-kultur pesantren selalu hadir dalam setiap langkah kebangsaan dan pembangunan, sejak era pergerakan menuju kemerdekaan hingga era merajut kemajuan seperti pada masa sekarang ini.

"Dalam perjuangan bangsa menanggulangi pandemi Covid-19, kaum santri juga berperan dalam memberikan teladan dan keyakinan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi sebagai kunci utama mengatasi pandemi Covid-19. Semangat dan keteladanan inilah yang menjadi esensi dari tema Santri Siaga Jiwa Raga," katanya.

Sementara itu, sejak 2020 perkembangan ekonomi syariah yang cukup menggembirakan. Saat ini ekonomi syariah tidak lagi sekadar menjadi pilihan bagi komunitas muslim saja, tetapi juga telah menjadi salah satu penopang kekuatan ekonomi nasional.

"Sejalan dengan kemajuan sektor industri produk halal yang terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional termasuk selama pandemi Covid-19 ini, potensi industri keuangan syariah nasional juga tak kalah besar," kata Maruf Amin. (mdk/azz)

Baca juga:
Di hadapan Jokowi, Erick Thohir Beberkan Dukungan MES Untuk Santri
Wapres Maruf Amin Yakin Indonesia Bisa Jadi Pemain Kunci Keuangan Syariah Dunia
Erick Thohir: Masyarakat Ekonomi Syariah Sudah Dibuka di 7 Negara
Erick Thohir: Pertumbuhan Ekonomi Syariah Lebih Tinggi di Bawah BSI
Jokowi: Indonesia Harus Jadi Pusat Gravitasi Ekonomi Syariah Dunia
Presiden Jokowi Minta Semua Pihak Manfaatkan Pasar Produk Halal Dunia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami