Wapres Ma'ruf dan Menkop Teten Bahas Solusi Koperasi dan UMKM

Wapres Ma'ruf dan Menkop Teten Bahas Solusi Koperasi dan UMKM
UANG | 1 Juli 2020 17:19 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin membahas konsolidasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hasilnya, diketahui bahwa pendataan serta pemberdayaannya fokus pada satu pintu dan tidak tersebar di banyak kementerian dan lembaga.

"Oleh karena itu, kebijakan satu pintu harus segera direalisasikan," jelas Wapres saat membahas hal tersebut bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil, Teten Masduki di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Rabu (1/7).

Kebijakan satu pintu, atau One gate policy untuk UMKM harus segera diimplementasikan dalam program restrukturisasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Wapres mengusulkan kebijakan diterapkan pada perencanaan program dan anggaran.

Selain kebijakan satu pintu, penyederhanaan channelling pembiayaan untuk UMKM (pinjaman yang diberikan oleh pihak ketiga kepada anggota Koperasi) juga harus menjadi perhatian. Tujuannya, prosesnya tidak sulit dan mudah dilakukan.

"Untuk itu, diperlukan penguatan lembaga-lembaga terkait," pinta Wapres.

Wapres merinci, bahwa diperlukan penguatan LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) untuk chanelling pembiayaan murah untuk koperasi, koperasi simpan pinjam, koperasi syariah, dan BMT (Baitul Maal wat Tamwil/Badan Usaha Mandiri).

Selain itu, hal tak boleh dilupakan adalah penguatan ekosistem pengawasan dan pengembangan sistem perlindungan dana simpanan koperasi. "Ini juga menjadi satu kesatuan faktor yang harus diperkuat," tandasnya.

Reporter: Mohammad Radityo

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Lewat Program Bangga Buatan Indonesia, Pemerintah Bidik 2 Juta UMKM GO Digital
Menaker Ida Tinjau Protokol Kesehatan di Pusat Pengembangan UKM Pulogadung
Strategi Himbara Kelola Dana Pemerintah Rp 30 T Bisa Menjadi Rp 90 T
Survei: 53 Persen Masyarakat Sulit Urus Izin UKM
Menteri Teten Sebut Realisasi KUR Rendah Akibat Terkendala Regulasi
Strategi Pemerintah Dorong 10 Juta UMKM Go Digital

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami