Warga Diminta Siap Hadapi Loncatan Ekonomi Usai Pelabuhan Patimban Beroperasi

Warga Diminta Siap Hadapi Loncatan Ekonomi Usai Pelabuhan Patimban Beroperasi
UANG | 4 Desember 2020 11:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berpesan kepada warga di sekitar Patimban, untuk siap menerima kehadiran loncatan-loncatan ekonomi pasca terbangunnya Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Yang pertama, supaya orang Patimban dan orang Subang itu molotot alias hanya melihat dan tidak bisa menikmati pembangunan, maka harapan kami siapkan kemampuan. Siapkan keahlian, siapkan mental," imbuhnya di Pelabuhan Patimban, dikutip Jumat (4/12).

Di sisi lain, Uu pun meminta warga Patimban untuk bisa mempertebal iman dan takwanya. Sebab menurut pengalamannya, warga yang masih latah menerima perubahan di sekitar tempat tinggalnya kerap membangun tempat-tempat hiburan yang jauh dari nilai kepercayaan asalnya.

"Di sini pasti ada perubahan sosial. Itu pun harus dipersiapkan. Terutama peningkatan keimanan dan ketakwaan. Karena dulu saya sudah melihat di Tasikmalaya bagian selatan, di saat (industri) pasir besi begitu hebat, wah tempat-tempat yang gitu kan dengan sendirinya kan (terbangun)," tuturnya.

"Di sini juga kan banyak kegiatan, banyak orang, berarti banyak duit. Uang beredar dengan sendirinya. Maka kesiapan mental menghadapi perubahan, termasuk kesiapan sosial dan keimanan dan ketakwaan pun harus dipersiapkan," tegasnya.

Yang terpenting, Uu menekankan, masyarakat Subang dan Patimban pun harus mau menerima kedatangan masyarakat luar, khususnya dari luar negeri untuk datang ke wilayahnya.

"Kan nanti ada pekerja-pekerja asing dari berbagai provinsi bahkan dari luar negeri. Kita harus bisa menerimanya. Karena majunya daerah (adanya kolaborasi antara) pemerintah, swasta dan masyarakat," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Menhub Target Operator Resmi Pelabuhan Patimban Bertugas Mulai April 2021
Menhub: Presiden Jokowi akan Resmikan Pelabuhan Patimban di Minggu Ketiga Desember
Menhub: Kolaborasi Pelabuhan Tanjung Pokri dan Patimban Bisa Saingi Negara Lain
Pelabuhan Patimban Tambah pendapatan Pemprov Jabar
Kemenhub Uji Coba Operasional di Pelabuhan Patimban
Pemerintah Target Pelabuhan Patimban Layani Bongkar Muat Kontainer Februari 2021

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami