Warga DKI Jakarta Bisa Dapat Subsidi untuk 6 Bahan Pangan Ini

Warga DKI Jakarta Bisa Dapat Subsidi untuk 6 Bahan Pangan Ini
Pasar tradisional. ©Liputan6.com/Bawono Yadika
EKONOMI | 3 Oktober 2022 11:31 Reporter : Siti Ayu Rachma

Merdeka.com - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Elly, mengungkapkan pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi pangan untuk masyarakat yang memiliki kartu subsidi seperti pemilik Kartu Jakarta Pintar, Kartu Penghuni Rumah Susun, dan program kartu lainnya yang bersubsidi.

Dia menjelaskan, tahun 2022 Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp 1,1 triliun untuk 6 komoditas pangan yakni beras premium, susu UHT, ikan kembung, telur ayam, daging sapi, daging ayam.

Untuk rincian harga yakni beras premium Rp 30.000 per 5 kg, susu UHT Rp 30.000 1 KTN isi 24 pak, ikan kembung Rp 13.000 per kg isi 6-9 ekor, telur ayam Rp 10.000 per kg isi 15 butir, daging sapi Rp 35.000 per kg, daging ayam Rp 8.000 per ekor.

"Ini komoditas per bulan. Untung tinggal di Jakarta, transportasi, bahan pokok di subsidi," ujar Elly, di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Senin (3/10).

Elly menerangkan ada 378 gerai seluruh DKI Jakarta, misalnya di rumah susun, kemudian gerai-gerai kelurahan. "Itu untuk mendekatkan ke para sasaran misalnya di rumah susun ada, di gerai-gerai kelurahan ada, kemudian pusatnya disini (Pasar Induk Cipinang)," terang dia.

Sementara pada waktu yang sama, Kementerian Perdagangan, Zulkifli Hasan mengungkapkan apresiasi kepada Pemprov DKI karena memberikan harga yang terjangkau kepada masyarakat di daerahnya.

"Nah ini DKI ternyata lebih maju ya, mungkin APBD-nya banyak jadi ini di jual Rp 30.000 (beras)," ujar Zulhas, Senin (3/10).

Zulhas menyebut apabila pemerintah daerah perhatian dan care, serta turun langsung melihat langsung harga di pasar juga mampu memberikan subsidi kepada masyarakat. "Kita harapkan Pemda yang lain juga sama (bisa memberikan subsidi)," tambahnya.

Baca juga:
Prabowo Ingin Lahan Terlantar Dimanfaatkan untuk Ketahanan Pangan
19.700 Orang di Dunia Meninggal Kelaparan, Jokowi Klaim Stok Pangan RI Cukup
Pupuk Indonesia Luncurkan Roadmap Dukung Keterjangkauan Harga Bahan Pangan
BUMN Diminta Siapkan Rp100 T Serap Hasil Panen Petani, Ini Kata Erick Thohir
BUMN Diusulkan Siapkan Rp100 Triliun Beli Hasil Panen Petani
Ganjar Populerkan Beras Srinuk, Produk Unggulan Hasil Rekayasa Genetika dari Klaten

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini