Warga Korban Tsunami Selat Sunda Serbu SPBU, Penjualan Naik 2 Kali Lipat

UANG | 26 Desember 2018 13:25 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) diserbu warga pasca tsunami Selat Sunda. Salah satunya di SPBU 34-422-03 yang terletak di Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten.

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU tersebut bisa menghabiskan hingga 48.000 liter BBM per hari. "Sebelum kejadian ini (Tsunami) itu biasanya pesan 8.000 (liter) tiga kali kirim. Sekarang yang 16.000 (liter) tiga kali pengiriman," kata petugas pengisi BBM, Habibie, saat ditemui di lokasi, Rabu (26/12).

Katanya, selama kejadian ini pihaknya beroperasi selama 24 jam. "Buka 24 jam mas di sini," katanya.

Sebelumnya, Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati menjelaskan sejumlah fasilitas Pertamina yang ada di Banten di antaranya Terminal BBM Tanjung Gerem dan Terminal LPG Tanjung Sekong dalam kondisi aman.

"Seluruh fasilitas penyimpanan dan penyaluran BBM dan LPG dalam kondisi aman. Namun kami tetap melakukan pengecekan dan pengawasan menyeluruh," kata Dian melalui siaran pers, Jakarta, Minggu (23/12).

Dengan adanya kejadian ini, penyaluran BBM dan LPG untuk masyarakat tetap berjalan. Dia mengatakan, jika memang ada jalur yang terhambat maka tim kami akan menggunakan jalur alternatif lainnya.

"Masyarakat tidak perlu panik, karena pasokan BBM dan LPG tetap kami salurkan seperti biasa," jelas Dian.

Pertamina mencatat ada 6 SPBU yang berada di sepanjang pantai Anyer dan Panimbang. Semua SPBU dalam kondisi aman dan beroperasi normal seperti biasa.

Demikian juga dengan agen dan pangkalan LPG di sekitar wilayah terdampak, hingga saat ini diupayakan tetap beroperasi normal seperti biasa. PT Pertamina (Persero) memastikan seluruh fasilitas BBM dan LPG dalam kondisi aman menyusul adanya tsunami Selat Sunda pada Sabtu (22/12). (mdk/bim)

Baca juga:
Kemenhub Tugaskan PELNI Evakuasi Warga Terdampak Tsunami Selat Sunda
Usai Tsunami, Anak Krakatau Masih Sering Keluarkan Dentuman
Polda Banten Kembali Identifikasi 208 Korban Tsunami
Pascatsunami Selat Sunda, 98,7 Persen BTS Telah Beroperasi
Relawan Gojo Salurkan Bantuan untuk Korban Tsunami Banten
Pemprov Jabar Siapkan Rp 2 Miliar Bantuan Bencana Tsunami Selat Sunda
Polisi Berhasil Identifikasi 103 Korban Tsunami di Lampung

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.