Waspada, Trik Hemat Ini Justru Bikin Boros

UANG | 19 November 2019 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Mengatur keuangan memang bukan hal yang mudah. Banyak tips keuangan yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Mulai dari tips yang mudah hingga yang sulit.

Sayangnya, semua tips hemat yang ada tidak semuanya sesuai dengan keuangan Anda. Bahkan, tips hemat yang dilakukan tak jarang malah bikin tambah boros.

Berikut tips hemat yang justru bikin boros, dikutip Hipwee.

1 dari 4 halaman

Do It Yourself (DIY)

Selain karena menggunakan banyak barang, DIY kadang juga berisiko gagal. Alih-alih berhemat, Anda justru akan mengeluarkan uang lebih kalau kerajinan yang Anda buat malah gagal.

Misalnya, Anda ingin membetulkan game sole yang rusak. Daripada harus membeli soldier yang mahal, ada baiknya jika Anda menyuruh seseorang profesional untuk membenahinya. Tentunya tidak berisiko dan lebih hemat tenaga.

2 dari 4 halaman

Beli Barang Bekas

Membeli barang bekas memang harus lebih teliti, mengingat kualitas barang bekas pasti menurun. Belum lagi jika barang bekas ini tidak awet. Bukannya makin hemat, Anda justru membuang uang untuk memperbaiki barang tersebut.

3 dari 4 halaman

Barang Diskon

Memanfaatkan diskon memang menjadi tips hemat yang bisa dilakukan. Sayangnya, diskon ini justru bikin Anda mudah tergiur untuk beli barang yang tidak dibutuhkan.

4 dari 4 halaman

Menabung dengan Nominal Tertentu

Menabung memang wajib, tapi bukan berarti harus selalu dengan nominal tinggi dan sama terus. Dengan demikian, menabung semampu Anda dan tidak memaksakan diri. Sebab, kebutuhan Anda pasti berubah setiap bulan. Menabung dengan nominal kecil tidak masalah asal disiplin. (mdk/azz)

Baca juga:
Waspada, 4 Hal Ini Menunjukkan Kantor Anda Sudah Tidak Sehat
5 Tips Atur Keuangan Jelang Pergantian Tahun
4 Cara Terhindar dari Kejahatan Skimming
Cocok kah Investasi Barang-Barang Hobi untuk Dana Darurat?
Tips Keuangan, Inilah Jumlah Laik untuk Dana Darurat
Tips Libur Akhir Tahun Tanpa Andalkan Kartu Kredit