Wishnutama Diminta Jokowi Fokus Kembangkan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

UANG | 22 November 2019 13:18 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama kembali menegaskan bahwa pemerintah Indonesia saat ini tengah fokus memperluas dampak positif ekonomi pariwisata. Harapannya, tak hanya Pulau Bali yang menjadi primadona pariwisata namun juga daerah lain di Indonesia.

Dia menerangkan, perluasan dampak ekonomi pariwisata ialah mengembangkan lima destinasi pariwisata super prioritas. Adapun lima destinasi wisata super prioritas tersebut di antaranya Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Bapak Presiden (Jokowi) juga terus meningkatkan infrastruktur dan utilitas dasar (dan) harus selesai di lima destinasi pariwisata super prioritas di tahun 2020," kata Wishnutama saat memberikan sambutan Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2020 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (22/11).

Dia menceritakan, dalam Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (21/11) kemarin, yaitu sempat dibicarakan tentang lima destinasi pariwisata super prioritas itu.

"Presiden Jokowi secara khusus membahas setiap destinasi dan detail satu persatu memberikan arahan-arahan kepada kementerian dan lembaga terkait untuk dapat mendukung dan mempercepat pembangunannya," imbuhnya.

Untuk pengembangan pembangunan di lima destinasi pariwisata super prioritas ada banyak yang dibahas. Terutama soal infrastruktur seperti Jalan, airport, fasilitas dermaga dan ekonomi kreatif. "Di atas lima destinasi tersebut kan harus dibangun ekonomi kreatif dan lain sebagainya," ujarnya.

Sementara untuk anggaran pengembangan destinasi pariwisata super prioritas. Pihaknya belum bisa memastikan karena itu hal itu masih berhubungan dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya. Dia hanya menjelaskan bahwa dipilihnya lima tempat tersebut sebagai destinasi pariwisata super prioritas karena masing-masing tempat mempunyai keunikan dan tempat juga menarik.

"Karena punya karakter unik masing-masing. Misalnya danau Toba, artinya dilihat dari tempat wisatanya kan kalian bisa lihat apa yang menarik di situ," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Tiga Daerah Berpotensi Dibangun Distrik Kreatif

Selain itu, Wishnutama Kusubandio juga menyampaikan untuk mempercepat pengembangan industri kreatif akan membuat distrik kreatif (creative district).

Beberapa daerah yang berpotensi menjadi distrik kreatif antara lain, Maja Rangkasbitung, Banten, Karawang, Jawa Barat dan Malang, Jawa Timur.

"Ini akan menjadi rumah bagi program pendampingan inkubasi fasilitasi Inovasi dan penguatan brand yang ditujukan untuk para pelaku ekonomi kreatif," kata Wishnutama.

Dia juga menerangkan, distrik kreatif itu adalah satu tempat khusus yang untuk para pekerja atau penggiat ekonomi kreatif.

"Kawasan dan skema insentif perlu disiapkan untuk mendorong masuknya investasi selain menjadi ekosistem ruang kreatif, distrik kreatif diharapkan menjadi destinasi wisata baru," ujarnya.

Dia juga mengharapkan, distrik kreatif nantinya tidak hanya di tiga tempat itu. Namun, di daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata juga perlu dikembangkan distrik kreatif. "Saya harap nanti di Bali juga (ada). Kita akan bisa membangun industri kreatif dan saya pikir ini sesuatu yang sangat menarik untuk kita ke depannya," ujarnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Menparekraf Jawab Tudingan Media Asing Bali Tak Layak Dikunjungi
Angela Tanoesoedibjo: Pariwisata Selaras dengan Konservasi Alam Jadi Tantangan Utama
Banting Setir Pariwisata Indonesia di Bawah Kendali Wishnutama
Istri Menparekraf Wishnutama Melahirkan Anak Perempuan, Diberi Nama Salima Putri Tama
Genjot Devisa, Wishnutama Incar Wisman Premium Liburan di Indonesia
Jajaran EMTEK dan SCM Group Temui Menparekraf Wishnutama