Yusaku Maezawa, Mantan Anak Band yang jadi Orang Terkaya & Tergila-gila Luar Angkasa

Yusaku Maezawa, Mantan Anak Band yang jadi Orang Terkaya & Tergila-gila Luar Angkasa
Yusaku Maezawa. CNBC©2015
EKONOMI | 8 Desember 2021 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pengusaha Yusaku Maezawa kerap menjadi sorotan karena aksi nyentriknya selama ini. Mantan anak band berusia 46 tahun ini ialah pendiri mal mode online terbesar di Jepang dan merupakan orang terkaya ke-30 di negara itu, menurut Forbes.

Yusaku Maezawa rela menghamburkan uang pada 2 hal kesukaannya yakni seni modern dan perjalanan ruang angkasa. Kesukaan terhadap hal berbau luar angkasa ini yang membuat Maezawa mendaftar ikut perjalanan ke stasiun luar angkasa.

Melansir laman france24.com dan Forbes, pada 8 Desember, Maezawa akan menjadi turis luar angkasa pertama yang melakukan perjalanan ke ISS bersama badan antariksa Rusia Roscosmos. Rencananya Maezawa akan berada luar angkasa selama 12 hari ditemani sang asisten Yozo Hirano.

Seorang produser film yang akan mendokumentasikan perjalanan untuk saluran YouTube Maezawa dan 754.000 pelanggannya. Saat ini Maezawa memiliki lebih dari 10 juta orang pengikut di Twitter dengan akun bernama @yousuck2020.

Besaran uang yang telah dihabiskan Maezawa untuk petualangan luar angkasanya ini masih belum jelas, karena dirahasiakan. Meski demikian, nilainya diprediksi mencapai jutaan Dolar AS.

Jutaan Dolar tentu tak jadi soal bagi pemilik kekayaan bersih mencapai USD 1,9 miliar tersebut. Kekayaan yang selama ini dikumpulkan melalui perusahaannya Zozo. Perusahaan ini sebelumnya dikenal sebagai Start Today, yang mengoperasikan situs mode online ZOZOTOWN yang sangat populer.

Maezawa tiba di Kazakhstan untuk pelatihan perjalanan ke luar angkasa pada November lalu. Dia mengaku tidak takut atau khawatir tentang perjalanan itu.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Hidup Maezawa Hingga Menjadi Orang Terkaya

maezawa hingga menjadi orang terkaya

Maezawa juga dikenal setelah menjadi berita utama usai menghamburkan uang untuk seni modern. Pada 2017, dia rela membayar USD 110,5 juta untuk lukisan Jean-Michel Basquiat tahun 1982 berjudul Untitled. Sebuah lukisan kepala seperti tengkorak dengan cat minyak, akrilik, dan cat semprot di atas kanvas raksasa.

Harga lukisan tersebut mencetak rekor, tetapi Maezawa bersikeras bahwa dia hanyalah seorang kolektor biasa yang membeli barang-barang karena keindahannya.

Di Jepang, Maezawa sering menjadi bahan gosip, dengan fokus khusus pada kehidupan cintanya daripada eksploitasi luar angkasanya.

Perjalanan ISS tidak akan menjadi perjalanan luar angkasa terakhir Maezawa, karena dia juga telah memesan seluruh roket SpaceX untuk perjalanan mengelilingi Bulan yang dijadwalkan paling cepat pada 2023.

Maezawa awalnya mengatakan bahwa dia berencana untuk mengundang 6 hingga 8 seniman dalam perjalanan tersebut. Tetapi pada Maret, dia mengumumkan akan memperluas ajakan ke masyarakat lainnya, dan mengklaim telah menerima satu juta tawaran yang berminat mengisi 8 tempat di roket yang dibuat perusahaan Elon Musk.

Maezawa dikenal kerap membuat sensasi. Gemar menggelar kompetisi online. Seperti pada 2020 mengatakan akan memberikan USD 9 juta kepada 1.000 orang sebagai 'eksperimen sosial' melalui akun Twitter.

Sejatinya Maezawa memiliki cita-cita terjun ke musik. Dia merupakan seorang drummer dengan band bernama Switch Style yang memulai debutnya pada 2000. Tapi dia mulai merasa dunia bisnis lebih kreatif daripada musik, dan mengatakan menulis lagu dan tampil di panggung pada akhirnya menjadi rutinitas yang membuatnya frustrasi.

Dia mulai berkecimpung dalam bisnis bahkan sebelum debut band, dan ternyata menuai kesuksesan. "Bekerja keras, membuat orang bahagia, mendapatkan uang, membeli mimpi besar, mengunjungi tempat-tempat menakjubkan, bertemu orang-orang, mengalami hal-hal hebat, tumbuh sebagai pribadi, dan bekerja lagi," tulisnya pada bulan Mei di akun Twitter-nya, menjelaskan filosofinya.

"Siklusnya berulang. Siklus mewujudkan mimpi. Kita bahkan bisa pergi ke luar angkasa," tandas dia.

Reporter: Arief Rahman

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
4 Orang Ini Uangnya Tak Berseri, Punya Mal Besar, Bank Sampai Hotel Mewah Berbintang
Mark Cuban Beli Kota Kecil di Texas, Dihuni 21 Warga dan Buaya
Pernah Hidup Susah, Miliarder ini Akan Wariskan 90 Persen Kekayaan untuk Orang Miskin
Kisah Sukses Thomas Tull, Pekerja Serabutan yang Kini Punya Harta Rp42 Triliun
Daftar 5 Orang Terkaya India di 2021 Beserta Nilai Hartanya
Intip, Isi Email Orang Terkaya Dunia untuk Karyawannya
Daftar Terbaru Orang Terkaya Dunia, Ada 493 Pendatang Baru

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami