VIDEO: Kemenkes Bantah Adanya 4 Orang Warga DKI Jakarta Terpapar Omicron

VIDEO 8 Desember 2021 22:00

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan membantah informasi adanya temuan empat warga DKI Jakarta terpapar varian Omicron. Hingga saat ini bisa dipastikan belum terdeteksi adanya varian Omicron di Indonesia.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga membatah tegas ada warganya yang terpapar Varian Omicron. Dipastikan Varian Omicron belum terdeteksi di wilayah Jabodetabek. Dinkes DKI menyebut bila ada temuan kasus baru terkait varian Omicron, pihaknya segera melakukan pelacakan.

Sebelumnya, dalam Rilis Resmi Kabupaten Bekasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny menyebut ada empat orang warga DKI Jakarta terpapar varian Omicron. Setelah diklarifikasi Kementerian Kesehatan, Sri Enny turut membantah pernah menyampaikan pernyataan tersebut.

Meski demikian, Sri Enny meminta kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Bekasi tetap waspada terhadap penularan virus covid-19 varian omicron. Terutama bagi warga yang baru datang dari luar negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Sri Enny Mainiarty meluruskan informasi ada 4 warga yang terdeteksi Covid-19 varian Omicron di Bekasi. Menurut dia, terjadi kesalahan kutip yang dilakukan oleh humas Pemkab Bekasi.

Sri menjelaskan, humas atau reporter dari Newsroom Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bekasi salah mengutip pernyataannya saat rapat dengan para camat.

Informasi yang salah kutip itu kemudian dimuat di situs resmi Pemerintah Kabupaten Bekasi, Bekasikab.go.id, pada Selasa (7/12) kemarin, dan dikutip sejumlah media. Pemkab Bekasi kemudian menarik informasi tersebut dari situs webnya karena terjadi kekeliruan informasi.

“Kemarin saya coba menjelaskan berita yang tentang dugaan warga Kabupaten Bekasi. Bahwa yang positif tersebut bukan warga Kabupaten Bekasi, bukan juga yang positif Omicron, itu warga Jakarta dan kejadiannya sudah lama tanggal 23 November sudah selesai karantinanya di Wisma Atlet Jakarta. Dan juga bukan Omicron,” ujarnya mengklarifikasi pada Rabu (8/12).

Dia menjelaskan, dalam wawancaranya itu, tidak ada statementnya yang berkaitan dengan varian Omicron. “Tidak ada yang mengatakan itu omicron,” tambahnya.

(mdk/nyd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami