VIDEO: Momen Haru Lepas Keberangkatan Jemaah Kloter Terakhir dari Madinah ke Makkah

VIDEO 28 Juni 2022 16:29

Merdeka.com - Suasana haru sekaligus bahagia terlihat jelas di wajah petugas PPIH Daker Madinah saat melepas keberangkatan kloter terakhir jemaah haji gelombang satu dari Madinah ke Makkah. Hari ini menjadi hari terakhir pemberangkatan jemaah dari Madinah. Total 1.972 haji yang diberangkatkan dari hotel dan sudah mengenakan pakaian ihram.

Sama seperti keberangkataan sebelumnya, jemaah singgah beberapa saat di Bir Ali, untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat dan berniat ihram. Karena setibanya di Makkah, jemaah akan melaksanakan umrah wajib.

Jemaah yang lebih dulu tiba di Madinah tidak akan kembali lagi. Karena setelah mereka berangkat ke Makkah dan melaksanakan prosesi puncak haji, jemaah akan kembali ke Tanah Air dari Bandara King Abdul Aziz International Airport.

Hal itu pula yang membuat baik petugas dan jemaah merasakan haru luar biasa saat prosesi pelepasan jemaah haji kloter akhir di area parkiran bus kompleks bir ali. Petugas melambaikan tangan ke arah bus yang membawa jemaah sebelum keluar kompleks Bir Ali. Lambaian tangan petugas dibalas jemaah dari atas bus.

(mdk/fly)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini