VIDEO: Sulit Bernapas Gara-Gara Kabut Asap
VIDEO 16 September 2019 17:55

Merdeka.com - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan semakin pekat menyelimuti sejumlah daerah di Riau. Jarak pandang menurun di Pelalawan hanya 300 meter dan di Pekanbaru jarak pandang 800 meter.

Kabut asap juga mengakibatkan seorang balita di Pekanbaru terserang asma. Bocah usia 2 tahun sampai harus diberi uap nebulizer atau bantuan pernapasan di Posko Kesehatan Gratis, Kantor PKS, Pekanbaru.

Nuri Andre Labamba (36) warga asal Rumbai, Kota Pekanbaru juga memilih tinggal di posko itu. Dia sudah menetap selama 5 hari di posko itu. Nuri tak punya pilihan lain untuk melindungi diri dan dua anaknya dari kabut asap

Apoteker relawan PKS, Irda Friyeni mengatakan sekitar 100 warga mendatangi posko setiap harinya. Mulai dari balita, anak-anak, ibu hamil serta masyarakat yang terdampak kabut asap lainnya. PKS menyediakan obat-obatan dan dokter relawan, serta apoteker. Irda mengatakan, obat yang diberikan bersifat mandiri dari PKS tanpa bantuan pemerintah. (mdk/nyd)

Baca juga:
Bos Bappenas Klaim Lokasi Ibu Kota Baru Terbebas dari Titik Api
Janji-Janji Jokowi Bebaskan Indonesia dari Kebakaran Hutan Kini Ditagih Publik
Wiranto: Karhutla Masalah Darurat, Harus Bergerak Cepat
Sumsel Diselimuti Kabut Asap, Herman Deru Batal Kunker ke Korsel & Rumania
Terbang ke Riau, Jokowi dan Jajaran Menteri Rapat Khusus Bahas Kabut Asap
Kabut Asap Tebal, Garuda Indonesia Batalkan 15 Penerbangan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami