CEK FAKTA: Hoaks Kulit Jeruk Diklaim Bisa Putihkan Gigi

CEK FAKTA: Hoaks Kulit Jeruk Diklaim Bisa Putihkan Gigi
Ilustrasi gigi putih. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/kurhan
CEK-FAKTA | 12 Agustus 2022 11:20 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Menggosokan kulit jeruk ke gigi diklaim sebagai cara untuk memutihkan gigi. Dalam unggahan tersebut dijelaskan bahwa kulit jeruk dapat membantu membersihkan enamel atau email gigi.

Klaim kulit jeruk bisa memutihkan gigi beredar di media sosial Facebook, dengan narasi sebagai berikut:

“KULIT JERUK
Setelah Anda memakan jeruk, gosok kulit jeruk pada gigi Anda ini adalah cara mudah untuk membersihkan enamel gigi Anda. Ini akan memutihkan gigi dan membantu mencegah noda dan melawan bakteri.
Setelah Anda selesai menggosok selama beberapa menit, cukup bilas dengan air.”

cek fakta hoaks kulit jeruk diklaim bisa putihkan gigi
Kominfo

Penelusuran

Berdasarkan laporan hoaks situs Kominfo, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan kulit jeruk dapat menghilangkan noda dan memutihkan gigi.

Menggosokkan kulit jeruk pada gigi selama beberapa menit dapat mengakibatkan erosi email dan rentan menyebabkan kerusakan gigi karena kulit jeruk memiliki tingkat asam dengan pH 3-4, yang artinya cukup asam.

Dokter gigi Pooja Bhardwaj dari Healthy Indian Project tidak menyarankan menggosok gigi dengan kulit jeruk, terutama dalam rentang waktu lama dan dilakukan secara rutin.

"PH asamnya mengikis lapisan luar email gigi, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap pembusukan. Meskipun kulit jeruk alami dan organik, DIY masih belum memiliki dukungan ilmiah. Ini akan menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan. Oleh karena itu, lebih baik berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan nasihat profesional," ujar Pooja.

Kesimpulan

Tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan kulit jeruk dapat menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Faktanya, menggosokkan kulit jeruk bisa menyebabkan gigi rusak.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/10/111100582/-hoaks-memutihkan-gigi-dengan-menggosok-kulit-jeruk-pada-gigi?page=all#page2
https://www.kominfo.go.id/content/detail/43593/hoaks-memutihkan-gigi-dengan-cara-menggosok-kulit-jeruk-pada-gigi/0/laporan_isu_hoaks

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini