CEK FAKTA: Tidak Benar Video Ferdy Sambo Dipindahkan ke Nusakambangan

CEK FAKTA: Tidak Benar Video Ferdy Sambo Dipindahkan ke Nusakambangan
Irjen Ferdy Sambo Usai Jalani Pemeriksaan. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanan
CEK-FAKTA | 19 Agustus 2022 18:07 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar video di aplikasi TikTok dengan narasi mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, tersangka kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofryansyah Yosua Hutabarat dipindahkan ke sel tahanan di Nusakambangan.

Video berdurasi 1:55 menunjukkan potongan-potongan peristiwa pemeriksaan Ferdy Sambo dan menampilkan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

"dengan pengawalan super ketat Ferdy sambo akan dipindahkan ke nusakambangan," keterangan dalam video tersebut.

cek fakta tidak benar video ferdy sambo dipindahkan ke nusakambangan
TikTok

Penelusuran

Setelah ditelusuri, video dengan narasi Ferdy Sambo akan dipindahkan ke Nusakambangan tidak benar. Video tersebut, tidak sesuai dengan narasi yang beredar.

Video Ferdy Sambo saat diperiksa Bareskrim, diunggah akun YouTube Kompas TV berjudul "Pernyataan Lengkap Irjen Ferdy Sambo Tiba Diperiksa Bareskrim Kasus Brigadir J" pada 4 Agustus 2022.

Ferdy Sambo tiba di Bareskrim Polri pada 4 Agustus 2022. Dia diperiksa sebagai saksi atas kasus penembakan Brigadir J di rumah singgahnya di Duren Tiga, Jakarta pada 8 Juli 2022.

Menurutnya, ini adalah pemeriksaan ke-4 kalinya. Sebelumnya, Ferdy Sambo sempat diperiksa di Polres Jakarta Selatan.

Kemudian video Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto saat menyebutkan tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Video tersebut diunggah CnnIndonesia berjudul "VIDEO: Kabareskrim Ungkap Peran 4 Tersangka Kasus Kematian Brigadir J" pada 9 Agustus 2022.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyebut total ada 4 tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Bharada RE, Bripka RR, KM, dan Irjen FS.Agus kemudian menjelaskan peran ke 4 tersangka dalam kasus tewasnya Brigadir J.

Sedangkan video yang menampilkan mobil Brimob ke Bareskrim, seperti diunggah akun YouTube kompas.com berjudul "Brimob Bersenjata Lengkap Datangi Bareskrim, Ada Apa?" pada 6 Agustus 2022.

Sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap mendatangi Gedung Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Jakarta, Sabtu (6/8/2022) siang.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan, kedatangan personel Brimob hari ini untuk melakukan pengamanan di Gedung Bareskrim.

"Kehadiran personel Brimob untuk pengamanan Bareskrim," ujar Andi.

Kesimpulan

Video dengan narasi Ferdy Sambo akan dipindahkan ke Nusakambangan adalah tidak benar. Video tersebut bukan pengawalan kepindahan Ferdy Sambo, melainkan diambil saat Ferdy Sambo saat tiba dan diperiksa oleh Bareskrim.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi
https://www.youtube.com/watch?v=H51ywzluRBw
https://www.cnnindonesia.com/tv/20220809194219-407-832481/video-kabareskrim-ungkap-peran-4-tersangka-kasus-kematian-brigadir-j
https://www.youtube.com/watch?v=hm9tHooPL_I
https://vt.tiktok.com/ZSRBbc814/

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini