Setelah Mahathir Mundur, Siapa Bakal Jadi PM Malaysia Berikutnya?

Setelah Mahathir Mundur, Siapa Bakal Jadi PM Malaysia Berikutnya?
Mahathir Mohamad. ©2013 Merdeka.com/Faisal Assegaf
DUNIA | 26 Februari 2020 07:31 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Mahathir Mohamad tiba-tiba mengundurkan diri pada Senin sebagai perdana menteri (PM) - menyebabkan Malaysia dalam situasi politik yang tak jelas dan menyiapkan panggung untuk pertarungan yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara partai-partai politik yang ingin membentuk pemerintahan berikutnya.

Pengunduran diri Mahathir memicu pecahnya koalisi partai-partai yang memerintah negara itu selama kurang dari dua tahun. Koalisi Pakatan Harapan, secara tak terduga memenangkan pemilihan umum terakhir pada 2018, setelah menggulingkan koalisi saingan yang telah memerintah Malaysia selama 61 tahun sebelumnya.

Namun Mahathir diangkat sebagai PM sementara oleh Raja Malaysia beberapa jam setelah dia mengajukan pengunduran dirinya - suatu perkembangan yang menurut sejumlah analis telah membuat politisi veteran itu menjadi raja pembuat masa depan politik Malaysia.

Sebagai PM sementara, Mahathir akan terus mengawasi pemerintahan di negara itu sampai penunjukan PM dan kabinet baru.

"Saya masih berani bertaruh bahwa akan tetap Mahathir," kata James Chin, seorang pakar politik Malaysia dari Universitas Tasmania, ketika ditanya siapa yang akan memimpin Malaysia selanjutnya, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (25/2).

Menyusul pengunduran diri Mahathir, situasi perpolitikan Malaysia penuh spekulasi bahwa koalisi Pakatan Harapan bisa kehilangan kekuasaan. Banyak media lokal, kebanyakan mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa Mahathir akan mengajak partai-partai oposisi untuk membentuk dan memimpin pemerintahan baru.

Baca Selanjutnya: Siapa Mahathir?...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami