Penyerang pegiat remaja Malala Yousafzai ditangkap di Pakistan

DUNIA | 13 September 2014 15:01 Reporter : Vincent Asido Panggabean

Merdeka.com - Tentara Pakistan kemarin mengatakan pihak berwenang telah menangkap sekelompok milisi Taliban yang bertanggung jawab menembak Malala Yousafzai, pegiat remaja yang diincar karena kampanyenya menentang upaya Taliban menolak anak-anak perempuan untuk mendapatkan pendidikan.

Milisi Taliban Pakistan telah menyatakan bertanggung jawab atas penembakan terhadap Malala pada 2012 lalu karena upayanya dalam menegakkan hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan namun saat itu belum ada yang ditahan, seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (12/9).

Dalam serangan terhadap Malala saat itu, dua siswi lainnya juga mengalami luka-luka.

Asim Bajwa, kepala bidang media angkatan darat, mengatakan kepada para wartawan sepuluh penyerang telah diidentifikasi dan ditangkap.

Malala selamat dan dibawa ke inggris untuk menjalani perawatan, dan sejak itu dia menjadi simbol penentang dalam perang melawan para milisi yang beroperasi di wilayah suku Pashtun di Pakistan barat daya.

Malala telah mendapatkan penghargaan di bidang hak asasi manusia dari Uni Eropa dan pada tahun lalu dia dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian.

Remaja yang sekarang tinggal di Inggris itu tidak bisa kembali ke tanah kelahirannya karena ancaman dari milisi Taliban yang ingin membunuh dirinya serta anggota keluarganya.

(mdk/fas)

TOPIK TERKAIT