6 Manfaat Daun Mint untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

GAYA | 11 Februari 2019 02:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Daun mint termasuk herba yang umum digunakan pada makanan. Di samping itu, mint juga kerap digunakan sebagai bahan campuran produk perawatan kulit maupun rambut. Biasa ditemukan di dalam sampo, kondisioner, lip balm, toner, hingga pembersih wajah.

Mint banyak digunakan untuk perawatan kulit karena efek mendinginkan yang dimilikinya. Tetapi sebenarnya bukan cuma itu khasiatnya bagi kecantikan. Terutama untuk kulit berminyak dan kulit berjerawat.

Apa saja manfaat daun mint untuk kulit berminyak dan berjerawat? Berikut ini kami tampilkan selengkapnya, seperti dilansir StyleCraze.

1 dari 6 halaman

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Ilustrasi daun mint. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/ittipon

Mint memiliki sifat antibakteri yang kuat dan mengandung asam salisilat. Keduanya efektif untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Mint juga mengandung vitamin A yang mengontrol sekresi minyak pada kulit. Menggunakan mint pada wajah dapat menjadikan pori-pori bersih dan jerawat lebih cepat kering.

2 dari 6 halaman

Menenangkan Kulit Berjerawat

Ilustrasi daun mint. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/jordache

Saat berjerawat atau beruntusan, kadang wajah terasa gatal. Bagian jerawat yang meradang biasanya juga terasa sakit. Di saat seperti ini daun mint bisa meringankan rasa tidak nyaman. Daun mint mengandung bahan antiinflamasi alami. Karena itu bisa dimanfaatkan untuk meredakan iritasi dan gatal. Juga dapat mendinginkan jerawat yang meradang.

3 dari 6 halaman

Mengatasi minyak berlebih di wajah

Ilustrasi daun mint. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Alena Haurylik

Vitamin A di dalam daun mint efektif untuk mengatasi minyak berlebih di kulit wajah. Masker yang terbuat dari daun mint tumbuk akan menyerap kelebihan minyak sekaligus menyejukkan wajah.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan Komedo

Ilustrasi daun mint. ©2014 Merdeka.com/www.the-open-mind.com

Komedo terbentuk ketika kotoran dan minyak mengendap di pori-pori dan menyumbatnya. Seperti disebutkan di atas, mint dapat menjaga pori-pori Anda senantiasa bersih dan meringkasnya. Dengan demikian daun mint bisa menghilangkan komedo dan mencegahnya muncul kembali.

5 dari 6 halaman

Memudarkan Bekas Jerawat

Ilustrasi daun mint. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Kandungan asam salisilat daun mint membantu peremajaan kulit. Masker atau scrub yang terbuat ari daun mint segar akan mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan demikian bisa diganti dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Cara ini efektif untuk memudarkan bekas jerawat dan beruntusan.

6 dari 6 halaman

Mencegah Kulit Kering Saat Pengobatan Jerawat

Ilustrasi air daun mint. Shutterstock/Igor Normann

Saat menjalani pengobatan jerawat, salep atau bedak khusus yang dipakai biasanya membuat kulit lebih kering. Sementara moisturizer yang biasa dipakai akan membuat kulit lebih berminyak dan merangsang jerawat baru. Kalau sudah begini, mint bisa menjadi solusi.

Aplikasi topikal mint dapat meningkatkan sirkulasi darah, memastikan kulit senantiasa lembap dan ternutrisi dengan vitamin C yang dikandungnya. Bahan ini juga kaya akan antioksidan yang menjaga kulit Anda senantiasa sehat.

Demikian manfaat daun mint untuk kulit berminyak dan berjerawat. Cara untuk memanfaatkan daun mint sebagai bahan perawatan kulit adalah dengan menumbuknya untuk campuran masker. Jika kulit Anda tergolong sangat sensitif, rebus daun mint dan gunakan airnya sebagia kompres atau toner. (mdk/tsr)

Baca juga:
58 Hal tentang Jerawat, dari Penyebab, Pantangan, hingga Cara Mengatasinya
7 Khasiat Kulit Pisang yang Menakjubkan untuk Kecantikan
Miliki Wajah Bersinar dan Bebas Masalah dengan Facial Es Batu Kunyit
Kurangi Jerawat Secara Alami dengan Kulit Pisang
Cegah Peradangan Jerawat dengan 2 Jenis Ramuan Mint