6 Pelawak yang Terjun ke Dunia Politik, Terbaru Denny Cagur

6 Pelawak yang Terjun ke Dunia Politik, Terbaru Denny Cagur
Denny Cagur. ©2020 Merdeka.com/Instagram Denny Cagur
JABAR | 26 November 2020 08:35 Reporter : Andriana Faliha

Merdeka.com - Dunia politik seakan menjadi ketertarikan tersendiri bagi para selebritas. Semakin hari semakin banyak artis Indonesia yang akhirnya memilih terjun ke dunia politik, termasuk pelawak Tanah Air.

Meski terlihat kocak di depan kamera, bukan berarti para pelawak ini tak bisa serius dalam berpolitik. Beberapa dari mereka pun diketahui memiliki karier politik yang moncer. Selain itu, ada juga yang baru memulai langkahnya untuk terjun ke dunia politik. Salah satunya Denny Cagur.

Sukses jadi komedian papan atas Tanah Air, pemilik nama lengkap Denny Wahyudi ini mengungkapkan jika dirinya telah memutuskan untuk terjun ke politik. Ia pun menyebut jika dirinya kini telah bergabung ke salah satu partai politik.

Keputusan tersebut tak datang begitu saja. Melalui akun Instagramnya, Denny mengungkapkan jika dirinya senang dengan hal-hal baru. Ia pun mengaku memang tertarik dengan dunia politik sejak 5 tahun lalu.

"Saya adalah orang yang senang mempelajari hal-hal baru, apapun itu, termasuk dunia politik. Ketertarikan saya terhadap politik sudah ada sejak 5 Tahun lalu," tulis Denny Cagur di Instagramnya pada (23/11) lalu.

Selain Denny Cagur, beberapa pelawak ini sebelumnya juga terjun ke dunia politik. Siapa saja? Berikut selengkapnya

2 dari 7 halaman

Eko Patrio

Berbekal ilmu politik yang didapat semasa kuliah, komedian yang mengawali karier dengan bergabung dalam group Patrio yakni Eko Patrio juga merambah ke dunia politik. Bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN), Eko berhasil mempertahankan kursinya di Senayan selama tiga periode, yakni 2019-2014, 2014-2019 dan 2019-2024. Ia kini juga menjabat sebagai Ketua PAN DKI Jakarta.

eko patrio

ekopatriosuper©2019 Merdeka.com

3 dari 7 halaman

Dedi Gumelar

Dikenal dengan sapaan Mi'ing, Dedi Gumelar sukses menjadi pelawak yang tergabung dalam group Bagito. Lama di dunia hiburan, Mi'ing kemudian melebarkan sayapnya di dunia politik.

Bersama PDIP, ia sempat menduduki kursi DPR di tahun 2009-2014. Kemudian, ia juga sempat maju sebagai calon Wakil Bupati Karawang pada Pemilu 2015, namun gagal. Hingga kini Mi'ing masih menaruh perhatian pada dunia politik.

dedi gumelarInstagram/@miing_bagito ©2020 Merdeka.com

4 dari 7 halaman

Nurul Qomar

Karier komedian berdarah Sunda, Nurul Qomar sebagai pelawak mulai dikenal publik ketika ia bergabung bersama grup Empat Sekawan. Lama berkecimpung di panggung hiburan, Qomar rupanya tertarik menjadi politisi. Bersama Partai Demokrat, ia pernah menjadi anggota DPR untuk periode 2009-2014. Selain itu, ia juga pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Cirebon pada 2013, namun gagal.

Usai gagal, Qomar pernah menjabat sebagai rektor di salah satu universitas di Brebes, Jawa Tengah. Namun, ia harus lengser dari jabatan tersebut lantaran kasus pemalsuan ijazah yang menyeretnya.

nurul qomar©2020 Merdeka.com

5 dari 7 halaman

Akri Patrio

Tak mau ketinggalan dengan rekan dari grup lawak Patrio, Akri Patrio juga terjun ke dunia politik. Ia pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Bogor berpasangan dengan Gunawan Hasan pada 2014. Namun sayang, ia gagal. Kini, Akri justru aktif sebagai pendakwah.

akri patrio©kapanlagi.com

6 dari 7 halaman

Narji

Setelah keluar dari grup lawak Cagur, Narji rupanya pernah mencicipi rasanya berpolitik. Ia sempat mendeklarasikan diri untuk maju sebagai caleg dari Tangerang Selatan pada Pemilu 2019. Sayangnya, di momen tersebut ia tak muncul dalam syarat pemberkasan. Kini, ia disibukkan menjadi YouTuber dan juga memilih menjadi petani.

narji bertaniYoutube - Narji TV

7 dari 7 halaman

Denny Cagur

Ketertarikannya dengan dunia politik, Denny Cagur pun memutuskan untuk bergabung bersama PAN dan menjadi bagian dari PAN DKI Jakarta.

"Bismillah.. Kemarin adalah hari pertama saya bergabung dengan @amanatnasional , seperti memiliki keluarga baru, semuanya sangat bersahabat & menyenangkan, terlebih bisa bergabung di @dpwpandki dibawah kepemimpinan @ekopatriosuper yg dengan pengalamannya langsung membakar semangat kita semua yang tergabung di BPH untuk tumbuh bersama," tulis Denny Cagur di Instagramnya.

Keputusannya untuk berpolitik tersebut mengundang pro dan kontra dari penggemar. Ada yang menyayangkan, namun tak sedikit pula yang mendukung langkah Denny tersebut.

denny cagur©2020 Merdeka.com/Instagram Denny Cagur

(mdk/anf)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami