9 Buah yang Baik untuk Kesehatan Mata, Kaya Nutrisi Penting

9 Buah yang Baik untuk Kesehatan Mata, Kaya Nutrisi Penting
Ilustrasi mata. ©2018 Merdeka.com/Pixabay
JABAR | 15 Agustus 2022 15:30 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Mata adalah bagian penting bagi manusia. Melalui indra penglihatan ini, kita bisa mendapatkan dan mencapai banyak hal dalam hidup. Oleh karena itu, penglihatan yang buruk akan menjadi masalah yang harus segera ditangani.

Terlalu sering menggunakan ponsel, menonton TV, bekerja di depan komputer merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kualitas mata kita. Namun, kita juga tidak boleh mengabaikan aspek penting lainnya yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan mata.

Malnutrisi atau kurang gizi juga dapat berdampak signifikan terhadap penglihatan. Mata kita sama seperti bagian tubuh lainnya, yang membutuhkan sejumlah nutrisi untuk berfungsi secara normal. Itulah kenapa, sangat penting untuk memasukkan beberapa makanan bergizi dalam diet sehari-hari.

Salah satunya adalah buah-buahan, yang bisa menjadi sumber makanan padat nutrisi. Bahkan beberapa buah memiliki nutrisi yang lebih besar untuk kesehatan mata dibanding buah lainnya. Berikut ini, apa saja buah yang baik untuk kesehatan mata, sebagaimana yang dikutip dari ladilaservision.com.

2 dari 4 halaman

Sitrus

jerukan
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Buah yang baik untuk kesehatan mata pertama adalah buah sitrus. Buah sitrus, seperti jeruk, mengandung banyak vitamin C. Vitamin C ini akan membantu tubuh dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan ikat, seperti kolagen yang ditemukan di kornea mata.

Vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah di mata. Ini dapat membantu mengobati masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Aprikot

Buah yang baik untuk kesehatan mata kedua yaitu buah aprikot. Aprikot sangat baik untuk mata karena mengandung vitamin A, C, dan E, serta karotenoid dan banyak beta-karoten. Dikatakan untuk membantu penglihatan malam dan kemampuan mata untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang gelap. Mereka juga membantu penyerapan sinar biru dan ultraviolet yang berbahaya, yang melindungi retina.

Alpukat

Buah yang baik untuk kesehatan mata ketiga ada alpukat. Selain rasanya yang lezat, alpukat mengandung nutrisi untuk meningkatkan kesehatan mata. Alpukat sehat untuk mata karena mengandung lutein dalam jumlah tinggi.

Satu ons alpukat mengandung 80 mikrogram lutein, sedangkan kebanyakan suplemen lutein hanya menyediakan sepuluh mcg. Alpukat, yang terdiri dari senyawa lutein dan zeaxanthin tingkat tinggi, membantu meningkatkan penglihatan pada malam hari dan melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

3 dari 4 halaman

Pepaya

009 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Buah yang baik untuk kesehatan mata keempat yakni buah papaya. Pepaya kaya akan vitamin A dan antioksidan, yang membantu kesehatan mata. Vitamin A melindungi kornea, sementara antioksidan mencegah degenerasi retina. Buah lezat yang satu ini menawarkan perlindungan penglihatan menyeluruh dan bahkan meningkatkannya sampai batas tertentu.

Mangga

Buah yang baik untuk kesehatan mata kelima adalah mangga. Mangga juga kaya akan vitamin A, menjadikannya buah yang sangat baik untuk meningkatkan penglihatan. Buah ini juga melindungi mata dari rabun senja dan mata kering. Enzim mangga membantu dalam pemecahan kandungan protein dalam tubuh.

Blueberry

Buah manis dan asam memiliki sifat anti-inflamasi dan regenerasi rhodopsin yang luar biasa, yang membantu pembuluh darah di mata. Antosianin memberi blueberry warna cerah, mencegah penyumbatan arteri retina, dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan antioksidan. Buah biru ini adalah cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun yang dapat membahayakan mata dan organ lainnya.

4 dari 4 halaman

Pisang

011 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Kalium adalah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan mata, terutama untuk mata kering, karena merupakan salah satu komponen penting dari film air mata yang membantu menjaga ketebalan film. Pisang juga kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A melindungi kornea, yang diperlukan untuk menjaga penglihatan yang baik.

Apel

Membantu melawan penyakit jantung, menurunkan risiko stroke, dan menurunkan kadar kolesterol mungkin bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika memikirkan apel. Padahal, ini semua adalah keuntungan dari buah yang menyehatkan mata ini.

Banyak orang tidak menyadari bahwa kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah retina, sehingga menimbulkan risiko kerusakan mata. Antioksidan dan pektin, juga turut membantu mengurangi peradangan dan kadar kolesterol LDL.

Anggur

Buah yang baik untuk kesehatan mata yang terakhir adalah anggur. Siapa yang menyangka buah sederhana ini memiliki begitu banyak manfaat kesehatan? Polifenol anggur, terutama yang ditemukan dalam varietas merah, membantu mencegah diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.

Oleh sebab itu, anggur dapat melindungi diri dari glaukoma dan retinopati diabetik. Gabungkan manfaat kesehatan mata itu dengan senyawa resveratrol pelawan kanker anggur, dan Anda punya banyak alasan untuk membeli banyak bahan makanan berikutnya.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini