Cara Mengatasi Uban di Usia Muda dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Uban di Usia Muda dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi uban. ©Shutterstock
JABAR | 19 Mei 2022 18:55 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Cara mengatasi uban di usia muda dengan bahan alami cukup mudah.Pada keadaan normal rambut putih baru mulai muncul saat seseorang menginjak usia sekitar 39 tahun. Dimana setiap pertambahan usia terjadi penurunan kemampuan melanosit yang menghasilkan melanin.

Sementara itu, pada kenyataannya uban juga dapat muncul pada usia relatif muda. Biasanya hal ini terjadi karena adanya faktor genetik atau faktor keturunan. Kemunculan uban di usia muda kerap membuat kepercayaan diri menurun. Salah satu upaya instan yang dilakukan untuk mengatasi uban dimasa muda biasanya dengan mengecat rambut.

Seperti proses instan lainnya biasanya membawa dampak negatif bagi kondisi rambut salah satunya membuat rambut terasa kering dan mudah rontok. Oleh karena itu, beberapa orang perlu mengetahui cara mengatasi uban di usia muda dengan bahan alami.

Cara mengatasi uban di usia muda dengan bahan alami bisadengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Berikut ini informasicara mengatasi uban di usia muda telah dirangkum merdeka.com melalui healthline dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

1. Mengambil Manfaat dari Kopi

ilustrasi biji kopi

  • ©2012 Shutterstock/barbaradudzinska

Cara mengatasi uban di usia muda dengan bahan alami yang pertama adalah manfaatkan kandungan yang ada dalam kopi sebagai masker rambut untuk perawatan rambut alami agar terhindar dari masalah uban dini.

Adapun cara mengambil manfaat dari kopi untuk atasi uban di usia muda sangatlah mudah yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan 5 sendok makan henna bubuk, 1 sendok makan kopi, dan 1 gelas air.
  • Seduh kopi dengan segelas air, lalu tambahkan 5 sendok henna, aduk hingga tercampur merata.
  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut hingga merata.
  • Diamkan selama 3-4 jam, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.
  • Lakukan setiap 3 minggu sekali.

2. Menggunakan Minyak Almond

ilustrasi minyak almond
©iStock


Cara mengatasi uban di usia muda dengan bahan alamiberikutnya adalah dengan memanfaatkan kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak almond. Caranya pun sangat sederhana yaitu sebagai berikut:

  • Campur minyak almond, jus lemon, dan jus buah malaka dengan perbandingan 1:1:1.
  • Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala hingga merata sambil dipijat.
  • Diamkan beberapa menit sebelum dibilas bersih.
  • Dapat dilakukan setiap hari.

3. Memanfaatkan Kembang Sepatu

sepatu
©nelsonplantfood.com


Tak hanya minyak almond, manfaat kembang sepatu sebagai cara mengatasi uban di usia muda dengan bahan alami pun tak kalah menarik untuk kamu coba. Berikut langkah-langkah mengatasi uban usia muda dengan kembang sepatu yaitu:

  • Hancurkan bunga dan daunnya hingga hancur.
  • Campurkan 3 sendok makan bunga yang sudah dihancurkan dengan 3 sendok bubuk buah malaka, gunakan blender jika diperlukan. Beri tambahan air secukupnya untuk membentuk pasta halus dengan kekentalan yang pas.
  • Oleskan campuran ke seluruh kulit kepala sambil dipijat dan gosokkan hingga ke ujung rambut.
  • Biarkan masker selama 30-45 menit, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.
  • Lakukan 2 kali seminggu.
3 dari 3 halaman

4. Konsumsi Makanan Bergizi

sehat

©2019 Merdeka.com/Pixabay


Cara mengatasi uban di usia muda dengan bahan alami juga bisa dengan memperhatikan konsumsi makanan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi setiap harinya. Konsumsilah makanan yang sarat kandungan vitamin B12. Vitamin B12 memiliki manfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala dan memulihkan rambut agar tidak sampai beruban.

Maka itu, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 perlu dilakukan. Vitamin B12 terkandung dalam keju, alpukat, plum, jeruk dan cranberry.

5. Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk

014 febrianti diah kusumaningrum
boldsky.com


Marie Jhin, MD seorang ahli dermatologi tersertifikat di San Francisco mengatakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit dan rambut dengan cepat adalah merokok. Tak hanya membuat sesak di dada, merokok dapat mempercepat timbulnya keriput di kulit, termasuk kulit kepala.

Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan langkah yang tepat untuk membantu menghambat munculnya uban lebih banyak pada rambut. Sehingga kamu akan tampak awet muda dan percaya diri.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami