Begini Syarat dan Ketentuan Ikut Latihan Bersama Street Race di Ancol

Begini Syarat dan Ketentuan Ikut Latihan Bersama Street Race di Ancol
Lokasi Street Race Ancol. Bachtiaruddin
JAKARTA | 13 Januari 2022 18:12 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Perhelatan ajang street race atau balapan jalanan yang gagas Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran hanya tinggal menghitung hari. Balapan perdana rencananya digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu (16/1).

Sarana dan prasarana event yang mengusung konsep latihan bersama ini telah disiapkan Polda Metro Jaya. Seperti trek aspal pada lintasan yang telah diperbarui hingga sarana pendukung lainnya.

"Sudah, lintasan sudah diperbaiki, aspalnya sudah. Dindingnya kita kasih strip warna untuk mempertegas jalur. Keamanannya juga sudah," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi merdeka.com, Kamis (13/1).

Sambodo menjelaskan, tak ada persiapan khusus seperti tribun penonton karena balapan ini tetap memakai konsep street race pada umumnya. Para penonton nantinya dapat menyaksikan balapan dari pinggir lintasan sepanjang 800 meter. 500 meter dipakai untuk drag race dan 300 meter sisanya untuk pengereman, dengan keamanan yang telah dipertimbangkan.

"Tidak ada (tribun), ini benar-benar formatnya balapan seperti yang mereka lakukan. Tetapi ini kita buat resmi," ujar Sambodo.

Sambodo mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas keamanan pebalap seperti ambulans dan persyaratan kesehatan lainnya. Bahkan, surat izin orang tua bagi peserta masih di bawah umur juga bakal dicek untuk pebalap.

"Ya kan mereka untuk anak di bawah umur kan mereka harus sudah ada izin orang tua. Kemudian surat izin kesehatan," ujar dia.

Sementara untuk resiko apabila terjadi kecelakaan, Sambodo mengatakan bahwa hal tersebut akan ditanggung secara pribadi. Pihaknya hanya akan menyiapkan segala fasilitas kesehatan maupun keselamatan.

"Kemudian untuk segala risiko, ditanggung oleh mereka sendiri," katanya.

lokasi street race ancol
Bachtiaruddin
2 dari 3 halaman

Tidak Ada Hadiah

Di sisi lain, Sambodo menjelaskan bahwa acara ini bukanlah sebuah perlombaan, melainkan adalah ajang latihan bersama street race. Alhasil, pihaknya tidak menyiapkan hadiah untuk para pebalap nantinya.

Sambodo mengatakan bahwa pihaknya nanti hanya akan mengatur para peserta dengan diberikan nomor beserta doorprize yang telah disiapkan untuk dibagikan secara acak kepada para peserta nantinya.

"Jadi yang penting mereka dijadikan ada kartu peserta, kemudian ada doorprize, udah gitu aja," kata Sambodo.

Meskipun begitu, Sambodo mengatakan bahwa sampai saat ini antusias para pebalap cukup besar. Sampai saat ini tercatat sudah sekitar 200 pebalap yang mendaftar. Hingga kemarin, Rabu 12 Januari 2022, total pendaftar sudah mencapai 200 orang lebih.

lokasi street race ancol
Bachtiaruddin
3 dari 3 halaman

Kelas Balap

Sambodo melanjutkan bahwa acara ini nantinya akan digelar secara rutin setiap tiga bulan sekali, untuk menjadi wadah bagi para pebalap. Sedangkan terkait teknis, acara ini telah disiapkan ketentuannya yaitu kelas latihan yang dipilih akan dicek kembali saat registrasi ulang.

Kemudian untuk kategori yang akan dilaksanakan telah terbagi menjadi 8 kelas balapan. Pertama kelas motor bebek dua tak. Kedua kelas motor bebek empat tak. Ketiga kelas sport dua tak. Keempat kelas sport empat tak. Kelima kelas motor matik empat tak. Keenam kelas motor vespa dua tak. Ketujuh kelas FFA (Free For All). Terakhir kelas sunmori (ban besar, lampu menyala).

"Mereka sudah memilih kelas-kelasnya kelas apa (dengan batas 350 peserta) secara keseluruhan, (jadi dibagi-bagi). Ya jadi mereka pendaftaran aja, ya kan ada yang cuman ikut 20, 40, 60, dalam setiap kategori itu," kata Sambodo.

Untuk model balapan, Sambodo menjelaskan bahwa pihaknya akan memakai konsep drag race yaitu balapan adu kecepatan dalam trek lurus yang telah disiapkan sepanjang 800 meter.

Sementara untuk beberapa syarat keselamatan bagi setiap peserta, yakni:

- Wajib menggunakan helm full face
- Wajib menggunakan minimal jaket dan celana panjang berbahan jeans tebal atau baju overall balap
- Wajib menggunakan sarung tangan
- Wajib menggunakan sepatu
- Wajib memastikan rem berfungsi dengan baik
- Peserta yang masih di bawah umur wajib melampirkan surat pernyataan orang tua
- Tidak akan dilakukan pengecekan surat-surat kendaraan

Sedangkan untuk pendaftaran dilakukan di laman loket.com. Adapun biaya pendaftaran Rp.100 ribu. Berikut langkah-langkah registrasi Streetrace Polda Metro Jaya:

1. Buka laman loket.com
2. Ketik LATBER Street Race
3. Klik kategori tiket
4. Klik tiket Joki
5. Isi tanggal kedatangan
6. Isi informasi personal mulai nama, email, bengkel serta kelas yang dipilih 7.konfirmasi, dan lakukan pembayaran

Adanya arena balap ini nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik dan para pebalap liar dapat dibina sesuai dengan kemampuannya agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

(mdk/gil)

Baca juga:
200 Pembalap Liar Mendaftar untuk Balapan di Ancol
Persiapan Trek Balap Liar Legal di Ancol
Polda Metro Pertimbangkan 2 Lokasi Balap Liar Roda Dua di BSD dan Ancol
Curhat Kapolda Metro Pusing Ulah Balap Liar Sejak Jabat Kapolsek 21 Tahun Lalu
Balap Liar Difasilitasi, Polisi Harap Tak Ada Lagi Taruhan hingga Keributan di Jalan
Perlu Strategi Matang Memutus Mata Rantai Balap Liar
Balapan bagi Pembalap Liar di Ancol Dimulai 16 Januari, Ini Syarat & Cara Daftarnya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami