Cerpen dan Unsur Intrinsiknya yang Perlu DIketahui, Penting Bagi Penulis Pemula

Cerpen dan Unsur Intrinsiknya yang Perlu DIketahui, Penting Bagi Penulis Pemula
Ilustrasi membaca. © Picjumbo
JATENG | 21 Januari 2021 16:35 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Cerpen merupakan salah satu karya sastra yang mempunyai beragam cerita menarik. Sama halnya dengan novel, cerita yang dibuat dalam cerpen bersifat naratif. Di mana, cerpen mengangkat kisah satu tokoh atau lebih yang ditulis dengan alur lebih ringkas, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya.

Meskipun ringkas dan lebih sederhana, namun cerpen tetap memberikan hiburan yang menarik bagi pembaca. Biasanya, Anda bisa menemukan tulisan cerpen yang dimuat dalam surat kabar pada edisi tertentu. Selain itu, ada pula kumpulan cerita pendek yang dicetak menjadi satu dalam satu buku sehingga lebih praktis dibaca.

Bagi Anda yang hobi menulis, tentu ini dapat menjadi peluang tersendiri untuk menghasilkan uang. Dalam hal ini, Anda bisa menulis cerpen lalu dikirimkan pada redaksi surat kabar maupun majalah. Atau bisa juga membuat karya cerpen dalam jumlah banyak kemudian dikirimkan ke penerbit buku untuk diseleksi dan akhirnya dicetak dan dikomersilkan.

Namun jika Anda masih pemula dalam hal ini, maka perlu mengetahui dan memahami terlebih dahulu berbagai hal tentang cerpen dan unsur intrinsiknya. Jika dipahami dengan baik, tentu ini dapat menjadi pedoman Anda untuk menghasilkan karya cerpen yang baik dan menarik. Dilansir dari situs Leumen Learning, berikut kami merangkum berbagai informasi mengenai cerpen dan unsur intrinsiknya yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Cerita Pendek...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami